Jalur Evakuasi Sinabung Segera Diperbaiki

0
201

B. KurniaB. KURNIA PARGAULAN. P. Pemerintah Kabupaten Karo melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Karo akan segera memperbaiki Jalur Evakuasi Pengungsi Sinabung antara Desa Batukarang (Kecamatan Payung) sampai Desa Singgamanik (Kecamatan Munte) yang sudah rusak parah saat ini.

“Jalan yang menghubungkan Desa Singgamanik dan Desa Batukarang sangat strategis sebagai jalur alternatif untuk mengurangi waktu perjalanan bagi 4 kecamatan di Kabupaten Karo, apalagi jika di Jl. Rakoetta Brahmana terjadi kendala,” kata Kadis PU Paten Purba ST melalui selulernya kepada Sora Sirulo.

jalur evakuasi 3“Ini sesuai dengan instruksi Bupati kepada Dinas PU agar jalur evakuasi itu sesegera mungkin diperbaiki, sehingga layak dilintasi agar tidak memakan korban,” lanjut Kadis.

Sementara itu, menurut warga Desa Batukarang dan Desa Singgamanik, jalan alternatif itu sudah lebih 10 tahun tidak diperbaiki. Jalan tersebut sudah sangat hancur dan sempit.

“Jalan sudah sempit, berlubang, rawan longsor, dan jembatan Kite Buah juga perlu diperbaiki mengingat jembatan tersebut sudah tua. Mudah mudahan segera diperbaiki,” kata Rekro Tarigan (48) berharap.

Hal serupa juga dikatakan Yakin Bangun (64), bahwa jalan itu dulunya adalah jalan gerilya.

“Pada tahun 1949 jembatan itu sudah ada. Mungkin dibangun oleh tentara Jepang dengan melaksanakan kerja rodi. Masyarakat kita banyak jadi korban pembangunan jembatan Kite Buah,“ katanya .




“Jalur ini paling cepat untuk menyelamatkan diri jika Gunung Sinabung meletus. Terimakasih kepada pemerintah jika diperbaiki,” lanjut Pak Yakin.

Pantauan Sora Sirulo [Senin 18/4], jalan ini memiliki panjang lebih kurang 5 Km, lebar 2,5 M. Hampir sepanjang jalan rusak parah. Lebih dari 8 titik bekas longsor, 5 titik lagi rawan longsor. Rumput liar juga hampir menutupi sebagian jalan. Rambu-rambu jalan juga tidak ada. Kedalaman jurang ditaksir sekitar 90 meter.








Leave a Reply