BNNK Deliserdang Tangkap 7 Pengedar Sabu di Tuntungan

0
170

imanuel sitepu 3IMANUEL SITEPU. TUNTUNGAN. Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Deli Serdang menyisir sebuah kampung yang dijadikan tempat transaksi jual beli narkoba sekaligus dijadikan tempat memakai narkotika jenis sabu [Selasa 19/4: Sore sekira 15.00 WIB].


Data yang dihimpun di lapangan menyebutkan, Kepala BNNK Deli Serdang AKBP Joko Susilo bersama seluruh petugas BNNK DS dibantu belasan orang personil dari Brimobdasu langgsung menuju sebuah rumah di Jl. Mulya Sejati, Dusun 4, Desa Tuntungan II (Kecamatan Tuntungan). Rumah ini adalah milik mantan anggota TNI bernama Budiman (45) yang sudah dipecat pada tahun 2012 silam karena disersi.

Sempat terjadi pengejaran terhadap Budiman alias Budi yang sempat melarikan diri saat terjadi penggerebkan. Budi akhirnya diringkus. Selain Budiman alias Budi, BNNK DS juga mengamankan 5 orang pengedar diantaranya Neneng (39) yang disebut-sebut sebagai adik kandung Budi, Tengku Firarahmaliza (22), Nur Ainun (20), Mansyur (25), Kurnia Sitepu (33) dan Indra (36) yang merupakan pengedar narkoba jenis sabu.

Dari penggerebekan tersebut, BNNK DS dibantu oleh Brimobdasu menggeledah 3 buah rumah yang disinyalir sebagai pengedar narkotika jenis sabu. Dari ketiga rumah yang digeladah didapati plastik maupun alat isap alias bong.

sabu 6Kepala BNNK DS AKBP Joko Susilo mengatakan,  ada sekitar 7 pengedar narkotika jenis sabu yang ditangkap. Dari ketujuhnya, disita barang bukti satu bungkus kecil yang diduga sabu, belasan alat isap (bong), sendok (sebagai sekop untuk sabu), timbangan, pisau, dan ribuan plastik untuk paket sabu.

Menurut Joko Susilo, target utama adalah Budiman alias Budi yang merupakan mantan anggota TNI yang sudah disersi dan seluruh pengedar yang ada di sini.

“Tempat ini kita grebek berkat informasi masyarakat yang sudah sangat resah dengan peredaran narkoba jenis sabu. Selain tempat mengedarkan sabu, di rumah yang kita grebek juga tempat untuk menghisap barang haram tersebut. Peredaran narkotika di kampung ini sudah bertahun-tahun dan sangat meresahkan. Sasararan mereka anak-anak muda di sini dan pembeli dari luar,” kata Joko Susilo.

Selanjutnya Joko menghimau masyarakat jangan pernah takut mengadukan adanya peredaran narkoba apapun kepada pihak berwajib.

“Kami setiap saat siap menerima informasi dari masyarakat tentang peredaran narkotika yang bisa merusak generasi anak bangsa,” cetus perwira melati dua ini.




Selain barang bukti sabu dan peralatan lainya, BNNK juga mengamankan 4 sepeda motor diantaranya Ninja RR warna hijau hitam, Beat warna putih, Jupiter MX warna abu-abu dan Satria FU warna abu-abu hijau. Keempat kenderaan tersebut dititpkan di rumah Kepala Dusun IV, Desa Tuntungan II (Kecamatan Tuntungan).

Dalam kesempatan itu Budiman alias Budi meminta maaf kepada warga masyarakat yang ada di sekitar.

“Setelah ditangkapnya ini, saya tidak akan melakukan perbuatan ini lagi dan akan bertobat,” kata Budi di hadapan masyarakat yang pada saat itu ramai menontonya.

Kapolsek Pancur Batu Kompol  Frido Gultom mangatakan, ke depannya akan diadakan sosialisasi kepada masyarakat untuk membersihkan narkoba di daerah tuntungan.




Leave a Reply