Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) Taiwan

4
171

Oleh: Robetmi Jumpakita Pinem (Taipei)

 

Robetmi 5
Penulis saat berlibur di Macau.

Suatu kebanggaan bagi kami sebagai Kalak Karo yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) Taiwan. Seperti yang kita ketahui, sudah banyak mahasiswa Karo yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) di Indonesia terutama di Medan. Sebagai contoh di USU, bukan hanya di tingkat universitas, tapi sudah terbentuk IMKA di tingkat fakultas mengikat kita satu sama lainnya untuk saling mendukung, mendorong dan memberi motivasi.

Kami Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) Taiwan mungkin IMKA pertama terbentuk di luar negeri. Sebenarna sudah ada Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan yang mewadahi semua pelajar Indonesia di Taiwan, tapi kami berusaha mengikat diri untuk lebih fokus membantu teman-teman yang ingin sekolah ke luar negeri terutama Taiwan. Ini berbentuk forum diskusi bersama untuk membantu teman-teman yang berminat melanjutkan pendidikan.

aseanAlasan utama kami membentuk komunitas di sini adalah untuk mendorong sekaligus memberikan suntikan kepada kawan-kawan agar semangatnya kuliah tidak hanya di Indonesia tapi berani untuk melangkah ke negeri orang sekalipun tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Mengingat sekarang kita sudah memasuki ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang selama ini didengung-dengungkan pemerintah, kita harus siap menghadapi persaingangan dengan negara-negara ASEAN lainnya dengan mempersiapkan Sumber daya manusia yang cerdas, kompetitif dan memiliki wawasan untuk pergaulan dengan negara lain, setidaknya negara-negara anggota ASEAN.

Coba kita bayangkan kalau warga negara ASEAN lainnya datang ke Tanah Karo Simalem. Sudahkah kita siap? Sejauh mana persiapan kita? Atau sama sekali belum siap?

Kita tidak bisa berkata saya belum siap, tapi kita harus membekali diri dan menghadapinya. Kita semua para muda-mudi Karo mari kita persiapkan diri kita semua agar bisa bersaing dengan bangsa lain sekaligus memperbaiki kampung halaman.

Saya yakin, dengan mempersiapkan sumber daya yang matang dan siap bersaing, tidak hanya mampu menghadapi persaingan dengan masyarakat ASEAN tapi juga mampu membawa perubahan nantinya ketika kawan-kawan dipercaya menjalankan amanah untuk memimpin Tanah Karo Simalem; mungkin 5 tahun, 10 tahun atau 15 tahun yang akan datang.




Saya menyerukan untuk seluruh pemuda/pemudi Karo, mari sama-sama bergerak mempersiapken diri, terutama untuk teman-teman IMKA. Coba kita ingat-ingat berapa banyak kita kalak Karo yang mampu berbicara di panggung nasional apalagi di panggung international? Seberapa banyak kita tampil sebagai pengambil kebijakan untuk tingkat Nasional atau International?

Mungkin kita sudah terlalu nyaman dengan anugerah Tuhan yang berlimpah dengan suburnya Tanah Karo sehingga kita merasa cukup.

Sekali lagi saya serukan mari bersama mempersiapken diri untuk membangun Indonesia, khususnya Tanah Karo untuk yang lebih baik lagi melalui IMKA sebagai alarm pengingat kepada kita satu sama lainnya.

Salam Tedeh Ibas Anak Ntahpe Teman Meriahndu Taiwan Nari

Bujur…!!!




4 COMMENTS

  1. “Kami Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) Taiwan mungkin IMKA pertama terbentuk di luar negeri.
    Alasan utama kami membentuk komunitas di sini adalah untuk mendorong sekaligus memberikan suntikan kepada kawan-kawan agar semangatnya kuliah tidak hanya di Indonesia tapi berani untuk melangkah ke negeri orang sekalipun tidak pernah terbayangkan sebelumnya.” (RJP)

    Ini trobosan baru di LN, sangat mendorong semangat Karo.
    Maju terus anak-anak muda Karo!
    MUG

Leave a Reply