Sirulo TV: Agrowisata Gundaling

0
137

rikwan sinulinggaRIKWAN SINULINGGA. BERASTAGI. Pertanian di sekeliling Bukit Gundaling (Berastagi) dapat menjadi salah satu tujuan wisata kategori agrowisata. Daerah ini akan menarik sekali untuk dikunjungi dan dipelajari terutama bagi yang awam akan dunia pertanian. Demikian juga halnya bagi anda yang profesinya jauh dari dunia pertanian atau ada minat mengembangkan pertanian.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari petani-petani di sekeliling Bukit Gundaling. Mulai dari pemanfaatan lahan pertanian yang tidak begitu luas namun bisa rutin berproduksi lalu sistem panen langsung tanam kembali. Hampir tidak ada lahan pertanian yang kosong. Semua terisi dengan tanaman sayuran yang segar.

gundaling 6Manajemen tenaga kerja petani di sini juga sangat menarik dipelajari. Bisa melihat bagaimana lihainya mereka dalam perhitungan kapasitas produksi dan tenaga kerja yang dibutuhkan. Coba bayangkan, dengan luas lahan sekitar 1.000 M2 mampu mempekerjakan 10 sampai dengan 15 orang tenaga kerja. Berarti hasil panen cukup melimpah untuk menutup biaya produksi dan tenaga kerja.

Selain belajar tentang pertanian, dari lokasi ini kita bisa menyaksikan aktivitas Gunung Sinabung jika kondisi cuaca cerah. Sayangnya, jalan menuju daerah pertanian ini sedikit darurat, cukup merepotkan bagi pengendara mobil apa lagi beserta rombongan keluarga. Alternatif lain adalah berjalan kaki, hitung-hitung olah raga bersama, jalan santai sambil ngobrol-ngobrol dengan para petani yang hebat ini.

Bagi wisatawan dari kota yang rindu akan suasana pedesaan bolehlah singgah, yakin tidak akan mengecewakan. Jangan lupa beli sayurannya langsung ke petani. Wow… yakin lebih murah dan lebih segar.

Selamat berkunjung ke Gundaling, selamat menikmati alam Gundaling, Berastagi.









Leave a Reply