Pengungsi 4 Desa Sinabung Desak BNPB Segera Realisasikan Relokasi

0
223

bnpb 5JHON ROCKY. KABANJAHE. Sejak wacana Relokasi Mandiri didengungkan oleh BNPB melalui Pemab Karo, 4 desa yg direncanakan direlokasi Tahap ke II yaitu Desa-desa Berastepu, Gurukinayan, Gamber dan Kuta Tonggal telah setuju direlokasi dengan sebutan Relokasi Mandiri.

Pihak BNPB berjanji menyediakan Dana sebesar Rp. 110 Juta/ KK untuk pembelian tanah dan pembangunan rumah sebesar Rp. 59,4 juta serta pembelian lahan pertanian sebesar Rp. 50,6 juta. Relokasi Mandiri ini menjadi solusi terbaik karena Pemkab Karo tidak bisa menyediakan lahan untuk pemukiman dan lahan pertanian untuk para pengungsi.

Relokasi Mandiri ini telah disosialisasikan oleh Pemkab Karo kepada warga ke 4 desa tersebut pada pertengahan Pebruari kemarin. Rencananya, Relokasi Mandiri Tahap II ini akan di realisasikan kepada 1.683 KK atau sekitar 4.967 orang korban erupsi Gunung Sinabung.

Muliady Ginting (41 tahun) seorang pengungsi yang berasal dari Desa Berastepu bnpb 5menuturkan kepada Sora Sirulo [Sabtu 30/4) bahwa warga telah bersedia direlokasi mandiri.

“Pemerintahan Desa kami juga telah mendapat lahan pemukiman kami di areal BTN yang disediakan oleh pengembang, terletak di Desa Lingga (Kecamatan Simpang Empat). Walaupun kami diberikan kebebasan menentukan tempat kami membangun rumah masing masing, kami ingin tetap bersatu di satu pemukiman agar kekerabatan yang telah ditanamkan oleh nenek moyang kami tidak pudar dan tidak hilang. Kami bisa bersama memulai hidup baru tanpa berpisah seperti yang kami alami sekarang ini,” tutur Muliady yang juga pengurus Lingkaran Anak Berastepu (LINGKABER) ini.

Sebagaimana dipaparkan lebih lanjut oleh Muliady, warga ingin agar BNPB dan Pemkab Karo segera mengucurkan dana Relokasi Mandiri tersebut agar mereka bisa segera membangun rumah. Soalnya, senjak sosialisasi Relokasi Mandiri pada pertengahan Maret barusan hingga saat ini, belum ada kejelasan dari Pemkab Karo kapan dana itu dikucurkan kepada warga.




Menurut pantauan Sora Sirulo di areal BTN Desa Lingga (Kecamatan Simpang Empat) di lahan yang rencananya akan dijadikan pemukiman Relokasi Mandiri, lahannya sudah mulai dikerjakan. Contoh rumah juga dalam tahap pembangunan oleh pihak pengembang.

Menurut pihak pengembang (Verawanta br Surbakti) ketika diwawancarai oleh Sora Sirulo, telah disediakan lahan seluas 17 Ha untuk pemukiman warga ke 4 desa tersebut.

“Kita selalu siap membantu warga pengungsi untuk mendapatkan lahan perumahan yang layak bagi mereka. Rencana kita ke depan nantinya, apabila kami dipercaya untuk mengembangkan pemukiman ini, kami ingin pemukiman pengungsi ini jadi Desa Percontohan atau jadi Pilot Project agar bisa dicontoh oleh negara lain,” katanya optimis.








Leave a Reply