Sirulo TV: Angsa Mengeram Telur di Tepi Kota Leiden

0
158

Ita Apulina TariganITA APULINA TARIGAN. LEIDERDORP. Sekitar 3 km ke arah Timur Laut dari tepi Kota Leiden (Nederland), ada hamparan padang rumput yang luas. Padang rumput ini masuk ke wilayah Gemeente Leiderdorp dan merupakat daerah yang dilindungi dalam arti tidak boleh ada bangunan baru di situ.

Padang rumput itu diselang-selingi kanal air, besar maupun kecil. Ini sangat asri walau di kejauhan kita bisa melihat modernisasi pembangunan Kota Leiden di seberang. Leiderdorp dengan leiden dipisah oleh sungai pecahan Sungai Rijn yang berhulu di Negeri Swiss.

Seolah pagar pembatas dan anal-anak kanal yang malang melintang membuat padang rumput ini tidak terjamah. Tetapi sesungguhnya, kehidupan satwa di padang inilah yang justru menyelamatkannya dari segala jenis pembangunan. Padang rumput ini menjadi istimewa karena ada berbagai jenis unggas bertelur, mengeram dan menetaskan telur-telurnya pada musim semi di sini. Padang rumput inilah menjadi rumah mereka. Tidak heran, suara segala macam jenis burung bersahut-sahutan di sini menambah alaminya suasana.




Seekor angsa putih yang ukurannya besar tampak sedang mengeram telur di atas ilalang kering, beberapa pengendera sepeda yang lalu lalang memperhatikan. Kami mengambil videonya dari jarak jauh, karena tidak mau mengganggu kenyamanan ibu angsa. Sangat indah sekali melihat ibu angsa membalik telur-telurnya dengan paruhnya, lalu kemudian kembali mengeraminya. Sungguh indah dunia rasanya ketika manusia, alam dan binatang dapat hidup dalam damai.









Leave a Reply