Sirulo TV: Susu Sapi Organik Ambil Sendiri

0
160

Laporan

ITA APULINA TARIGAN

Dari Hoogmade, Nederland

Ita Apulina Tarigan 2Sekitar 4 km dari Kota Leiderdorp ada banyak kampung-kampung tradisional Belanda. Seperti perkampungan tradisional dimana saja, kehidupan pertanian dan perternakan adalah ciri khasnya. Mereka menyebut pertanian/ peternakan itu boerderij yang artinya sama dengan farm dalam bahasa Inggris. Mereka memelihara sapi, domba, kambing, ayam dan babi juga menanam berbagai jenis sayuran.

Para petani ini mengolah hasil ternak mereka, tidak sekedar menjual ternak atau tumbuhan. Mereka menjual susu segar, keju, daging dan telur ayam. Khusus untuk daging, mereka menyiapkan banyak freezer (pendingin) agar kesegaran daging tetap terjaga.

susu organikKampung yang kami kunjungi kali ini adalah Hoogmade. Sebenarnya ada bus langsung dari Leiden ke sini, tetapi kami lebih memilih bersepeda. Sesampainya di Hoogmade, sebuah boerderij biologische bernama Boerderijwinkel menjadi pilihan untuk dikunjungi. Biologische dalam bahasa Indonesia sama dengan organik. Artinya sistem pertanian/ peternakan serta pengolahannya tidak menggunakan bahan-bahan kimia buatan pabrik.

Dari Boerderij Buitenverwachting kami diarahkan ke Boerderij Pleisterplaats untuk membeli susu sapi organik. Di Pleisterplaats mereka punya semacam depot susu otomatis yang bisa digunakan pembeli kapan saja, walaupun pemiliknya tidak ada di tempat. Ada mesin otomatis penyedia botol susu yang sudah disterilkan, lalu mesin susu otomatis dengan display digital. Cukup sediakan 50 sen/ botol dan €1/ liter susu segar. Bahkan, jika kita hanya punya 10 sen atau 20 sen ada gelas kertas yang disediakan untuk menampung susu dan kemudian meminumnya langsung.




Menariknya, selain susu dan cara berternaknya organik, cangkir susu juga dibuat dari bahan daur ulang dan bisa menjadi kompos. Tidak hanya itu, pertanian ini juga menggunakan panel surya untuk menghasilkan listriknya.




Leave a Reply