Sirulo TV: Perayaan Kemerdekaan Belanda di Leiden

0
206

Ita Apulina Tarigan 2ITA APULINA TARIGAN. LEIDEN. Setiap tanggal 5 Mei di Belanda selalu dirayakan dengan meriah oleh warganya. Hari Kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 5 Mei ini, mereka merayakan menyerahnya Jerman pada saat Perang Dunia II setelah sekutu mendarat di Eropah. Peristiwa menyerahnya Jerman pada tanggal 5 Mei 1945 ini dirayakan dengan upacara, bazaar dan juga hiburan.

Salah satu pusat keramaian pada hari ini di Leiden adalah di area Rapenburg masih di kawasan Universitas Leiden. Ada pertunjukan musik, bier, dan bazaar dari berbagai produk rumah tangga. Cuaca yang mulai hangat juga membuat suasana ceria. Perahu-perahu warga melintasi sungai dan taman-taman dipenuhi keluarga dan anak-anak.

rapenburgRapenburg sendiri adalah kawasan bersejarah. Pada masa perang Belanda dengan Spanyol di Abad 15, sebuah kapal yang membawa amunisi perang seperti peluru, granat dan bom tengah berlayar di sungai yang melintasi daerah ini. Entah bagaimana tiba-tiba kapal tersebut meledak dan meluluhlantakkan bangunan dan rumah penduduk di sekitar sungai. Kini, bangunan yang kita lihat di Rapenburg sekarang adalah relatif baru yang dibangun pasca ledakan itu.












Leave a Reply