Penolakan Tempat Relokasi Pengungsi Sinabung

0
194

rikwan sinulinggaRIKWAN SINULINGGA. LINGGA. Tempat relokasi pengungsi Sinabung yang telah direncanakan selama ini mendapat penolakan dari warga Desa Budaya Lingga (Kecamatan Simpang Empat). Pernyataan penolakan INISIATIF disampaikan secara tertulis dengan spanduk di sepanjang Jl. Kabanjahe-Simpang Empat, tepatnya di Simpang Desa Budaya Lingga.

Tempat relokasi yang direncanakan untuk pengungsi Sinabung dari Desa Gurukinayan dan Berastepu ini berada lebih kurang 1 km sebelah Timur Desa Budaya Lingga atau pertengahan antara simpang masuk ke Desa Nangbelawan dengan Desa Lingga (sekitar 5 Km dari Kabanjahe). Lahan pertanian tersebut sudah dibeli dari warga setempat.

Menurut keterangan beberapa warga Desa Budaya Lingga yang tidak mau namanya disebut, mereka mendengar selama ini bahwa lahan itu dimaksudkan untuk tempat pasar sayur mayur bagi warga Kecamatan Simpang Empat dan sekitarnya.

relokasi 4“Sebagian lagi untuk perumahan baru. Kalau untuk tempat pasar dan perumahan, mungkin tidak terlalu masalah buat kami. Namun, menurut informasi terakhir kami dapatkan , lahan itu adalah untuk tempat relokasi pengungsi Sinabung asal Gurukinayan dan Berastepu. Ini perlu dikajiulang terlebih dahulu. Banyak sisi yang harus dipertimbangkan. Contohnya segi administratif. Ini kan masih kawasan Desa Budaya Lingga. Kalau dibuat lagi desa lain kan banyak yang perlu dipertimbangkan. Pengaruhnya pasti besar dari segala sisi baik keamanan, ekonomi, sosial, budaya, dll,”  papar salah seorang warga kepada Sora Sirulo kemarin [Senin 9/5].

Dari beberapa warga Desa Budaya Lingga yang Sora Sirulo coba untuk mendapat konfirmasi disampaikan bahwa alasan pertama adalah bahwa penjelasan dari pengembang awalnya lahan itu dimaksudkan untuk tempat pasar, bukan relokasi pengungsi. Jika awalnya dijelaskan untuk relokasi pengungsi mungkin terlebih dahulu dibicarakan dengan pihak aparat desa, pengetua adat dan warga desa untuk mengetahui apakah ini diizinkan atau tidak, kata mereka.




“Minggu malam [8/5] memang sudah ada musyawarah, namun belum ada kata sepakat,” tandas salah seorang diantaranya.

Pantauan Sora Sirulo, sampai saat ini beberapa spanduk yang bertuliskan “Kami Warga Desa Budaya Lingga Menyatakan Menolak Relokasi Pengungsi di Desa Kami” ttd. Masyarakat Desa Lingga, masih terpampang di Jl. Kiras Bangun (Kabanjahe-Simpang Empat). Semoga secepatnya mendapat kata mufakat demi kebaikan bersama.








Leave a Reply