Korban Lahar Dingin Sinabung

0
137

B. KurniaB. KURNIA PARGAULAN P. KUTAMBARU. Hujan deras yang mengguyur kawasan kaki Gunung Sinabung [Senin 9/5: Pukul 13.00 – 15.00 Wib] mengakibatkan banjir lahar dingin dan menerjang 6 rumah warga di Desa Kutambaru (Kecamatan Tiganderket).

Akibat peristiwa ini, 2 unit rumah warga rusak parah dan 4 unit lainnya mengalami rusak ringan. Banjir lahar dingin ini juga menyeret 5 orang warga diantaranya 1 orang dewasa dan 4 anak-anak. Satu diantaranya meninggal dunia dan seorang lainnya dinyatakan hilang.

lahar dingin 3Informasi yang dihimpun Sora Sirulo di lokasi kejadian menyebutkan, banjir lahar dingin yang disertai material bebatuan tiba-tiba menghantam keenam rumah yang berada persis di pinggir sungai Lau Borus sesaat setelah hujan.

Dandim 0205/ TK Letkol. Inf. Agustatius Sitepu didampingi Kapolsek Tiganderket AKP Sopar Budiman, Kepala Pelaksana BPBD Karo Matius Sembiring dan Plt. Kadiskes Karo Johannes Sitepu menyebutkan, dalam kejadian ini 5 orang warga menjadi korban.

“Korban meninggal dunia adalah bocah perempuan bernama Atifah alias Rehan (5), putri dari pasangan Henry Purwanto dan Tina. Sedangkan 1 orang lainnya bernama Riska (7) dinyatakan hilang, hinga kini masih dalam pencarian. Warga yang menjadi korban luka adalah Yuda (4), Tina (33) dan Ibnu (8). Ketiga korban tersangkut di bebatuan perladangan warga sehingga dapat diselamatkan,” kata Dandim 0205/ TK Letkol. Inf. Agustatius Sitepu.




Sebenarnya lokasi kejadian merupakan kawasan Zona Merah dan sudah dipasang portal. Sudah berkali-kali pihak terkait memberi himbauan agar warga tidak memasuki kawasan tersebut. Namun, karena alasan mencari nafkah alias perut untuk kehidupan warga tak menghiraukan himbauan tersebut.

“Pencarian akan tetap dilakukan hingga Pukul 21.00 WIB. Saat ini kita terkendala penerangan. Namun secara aktif pencarian akan tetap dilakukan. Harapan kita, korban harus kita temukan,” lanjut Dandim.

Diharapkan agar warga mematuhi himbauan untuk tidak memasuki kawasan Zona Merah.

lahar dingin 2“Kedepan kita akan lebih tegas terhadap warga. Biarlah kita dikatakan kejam, yang penting tidak ada korban jiwa dan kejadian serupa tidak terulang kembali,” katanya mengakhiri.

Pantauan Sora Sirulo, suasana duka tampak menyelimuti tempat disemayamkannya korban. Warga tampak berbondong-bondong menyambangi rumah duka di Desa Tanjung Merawa (Kecamatan Tiganderket).








Leave a Reply