Kepala Desa Dalang Perusak Tanaman Sawit Diamankan

0
163

imanuel sitepu 3IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Polisi telah mengamankan Kepala Desa Ajibaho (Kecamatan Biru-biru), Masa Peranginangin, yang diduga sebagai dalang perusak tanaman sawit milik keluarga Alm. Mimpin Tarigan (warga Desa Candi Rejo). Selain itu, 2 tersangka lainya (Dana Tarigan dan Dison Pranginangin alias Koro) kini juga mendekam di sel tahanan Polsek Biru-biru [Jumat 13/5].

Menurut keterangan Robinson Tarigan anak almarhum Mimpin Tarigan, pengerusakan terhadap tanaman sawit milik keluarganya diketahui 18 Maret 2011 sekira 09.00 wib. Saat itu, ayahnya Mimpin Tarigan (ketika itu masih hidup) bersama 2 orang pekerjanya hendak memanen buah sawit miliknya yang terletak di Dusun V Mande Angin, Desa Ajibaho, melihat sedikitnya 9 batang sawit mengalami layu daun terutama pada bagian pucuknya bahkan sebagian sudah membusuk.

sawit 3Mendapati hal itu, Mimpin Tarigan menjadi curiga kalau tanaman sawitnya sengaja diracun pada bagian pucuknya sampai mati oleh orang tak bertanggungjawab. Lantas, Mimpin Tarigan membuat laporan ke Polsek Biru Biru sesuai dengan LP/ 22/ III/ 2011/ SU/ Res DS/ sek Biru-biru pada tahun 2011 lalu [Rabu 23/3]. Soalnya, akibat kejadian tersebut, korban merugi hingga Rp 10 juta.

Begitu menerima laporan korban, petugas kepolisian kemudian melakukan olah TKP. Polisi menemukan botol racun rumput di sekitar lokasi sebagai barang bukti. Dari hasil penyelidikan lanjutan yang dilakukan dan berdasarkan keterangan sejumlah saksi, diketahuilah kalau pelaku pengerusakan adalah Dana Tarigan dan Dison Peranginangin atas suruhan Kepala Desa Ajibaho, Masa Perangin-angin.

“Sejak kejadian itu, Dana Tarigan memilih meninggalkan Desa Ajibaho. Namun dalam pelariannya, aku sempat menelpon dia dan, ketika itu, Dana Tarigan mengakui kalau dia yang membunuh tanaman sawitku. Katanya yang menyuruh kepala Desa Masa Peranginangin. Percakapan kami sempat aku rekam,” kata Robinson Tarigan.

Singkatnya, mengetahui Dana Tarigan telah ditetapkan sebagai DPO, tersangka memilih bersembunyi. 5 tahun kemudian [Rabu 11/5: sekira 21.00 wib], Dana Tarigan akhirnya berhasil ditangkap ketika keluar dari persembunyianya. Begitu tersangka Dana Tarigan ditangkap, Polisi terus melakukan pengembangan. 2 tersangka lainnya, Dison Peranginangin juga akhirnya berhasil diringkus. Kepala Desa Ajibaho yang juga masih terpilih dalam Pilkades belum lama ini juga ikut diamankan [Jumat 13/5: Siang].




Kapolsek Biru-biru AKP Benyamin Pakhpahan ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan telah mengamankan tersangka. Namun, menurut Kapolsek, calon Kepala Desa Ajibaho yang menang dalam pemilihan kemarin, masih dalam tahap pemeriksaan.

“Kalau kepala desa masih dalam pemeriksaan,” kata Pakhpahan.

Sementara menurut keterangan Kanit Reskrimnya Ipda J Sagala ketika ditemui wartawan di ruangannya membenarkan telah memanggil Masa Peranginangin ke Polsek Biru-biru.

“Namun, yang bersangkutan belum mau memberi keterangan karena kuasa hukumnya belum datang. Tapi menurut keterangan saksi-saksi, bersangkutan telah mengarah ke tersangka,” kata Sagala.




Leave a Reply