Kronologi Banjir Sibolangit

0
175
jebta 2
Penulis

JEBTA SITEPU. SIBOLANGIT. Banjir bandang di sungai Lau Betimus, Desa Bandar Baru (Kecamatan Sibolangit) [Minggu 15/5] menyisakan luka mendalam. Bencana itu mengakibatkan rombongan mahasiswa UMSU dan STRIKES yang saat itu melaksanakan kegiatan mengunjungi air terjun Dua Warna terjebak dan dihanyutkan oleh arus sungai Lau Betimus.

Banjir ini sangat deras dan mengakibatkan beberapa korban belum ditemukan.

Adapun kronologis kejadian menurut Sekretaris BPBD Kabupaen Deliserdang (Darwin Surbakti) adalah sebagai berikut:

1. 34 orang mahasiswa terdiri dari 5 mahasiswa UMSU serta 29 mahasiswa STIKES yang dipandu oleh Ipul, Tio dan Armando mengadakan kegiatan pencinta alam di air terjun Dua Warna.

2. Rombongan berangkat dengan berjalan kaki sekitar 3 Km melalui lembah dan turun ke jurang yang diperkirakan kedalamannya 25 – 50 M. Di bawah terdapat aliran sungai Lau Betimus.

3. Selesai melaksanakan kegiatan, rombongan pun hendak kembali pulang dari jalan yang sama namun pada saat itu hujan mulai turun.

4. Saat rombongan melintasi dan menyeberangi Lau Betimus, tiba-tiba datang air bandang yang sangat deras dari hulu sungai. Masing-masing rombongan mahasiswa panik menyelamatkan diri.




5. Dikarenakan arus air sangat deras serta mengikis pinggiran jurang tempat berlindung para mahasiswa, sehingga tanah tebing jurang mengalami longsor karena pengikisan (erosi), sebagian mahasiswa hanyut terbawa arus deras dari luapan sungai.

6. Mahasiswa UMSU yang sudah kembali ke posko sebanyak 2 orang. 3 orang dinyatakan belum kembali. Mahasiswa STRIKES Medan yang kembali ke posko sebanyak 10 orang dan 19 orang belum kembali.

Pihak Muspika dan warga setempat telah mendirikan Posko 2 di warung Jambore Sibolangit. Personel Tim Gabungan SAR, TNI dan Polri, telah melakukan pencarian sejak Senin Dinihari di aliran sungai Lau Mentar, Dusun III, Desa Durin Sirugun.

Mahasiswa yang berwisata berjumlah 76 orang serta 3 pemandu. Mahasiswa yang datang ke lokasi adalah mahasiswa Stikes Flora (23 orang), UMSU (5 orang), Kompleks Adam Malik (15 orang), Fakultas Hukum USU (5 orang), dan GMKI FKM USU (28 orang).

Banjir ini diperkirakan terjadi sekitar Pukul 13.00 Wib.




Leave a Reply