Dari Karo Hilir ke Dataran Tinggi Karo, Malem Metami

0
189

Oleh: Renny F. Ginting

 

Renny Febrina GintingJalan Lintas Sumatra diantara Sembahe (Karo Hilir) dengan Berastagi (Karo Gunung) diselimuti oleh berbagai keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari pemandian alam Sembahe, bumi perkemahan pramuka Sibolangit, air terjun Dwi Warna, air terjun Sehati, Penatapen, air terjun Sikulikap, mata air panas Lau Sidebuk-debuk dan Raja Berneh, lintas alam Gunung Sibayak serta Tahura (Taman Hutan Raya) Tongkeh. Semuanya membuat kita tidak pernah bosan untuk berulang-ulang kali datang ke Taneh Karo, baik di Taneh Karo Hilir (Karo Jahe) maupun Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung).

Perjalanan yang indah mengantarkan kita ke tempat yang luar biasa indah Taneh Karo Simalem.

Perjalanan rutin yang saya jalani pulang pergi selama 3 bulan belakangan ini untuk proses penyusunan skripsi. Alam ciptaan Tuhan yang indah ini memberikan hal-hal luar biasa buat kita.

karo 2Tapi, apa yang sudah kita perbuat untuk alam?

Ingatkah memungut sampah kita saat berwisata?

Ingatkah kita untuk tidak merusak tanaman yang ada?

Ingatkah kita prinsip para pecinta alam?

Jangan tinggalkan apapun selain jejak kaki!

Jangan ambil apa pun selain foto!

Jangan bunuh apapun selain waktu!

Sadar atau tidak semua ini adalah ulah kita.

Kejadian banjir di Doulu sekitarnya, termasuk air terjun Dwi Warna yang menelan korban jiwa selayaknya bisa jadi pelajaran buat kita. Alam yang indah ini memang teman kita. Tapi, tanpa kita sadari, murkanya dapat datang kapan saja.




Tetaplah berhati-hati buat saudara-saudara kami di sekitar Sibolangit. Semangat buat tim Basarnas dan BPBD Kabupaten Deliserdang dalam evakuasi korban. Selamat jalan untuk kawan-kawan yang mencintai keindahan alam ini.

Tenanglah bersamaNya
Sang pencipta semua keindahan

Semoga keluarga yang ditinggalkan tetap tabah.

#DoaUntukSibolangit
#PecintaAlam
#SalamLestari
#TanehKaroSimalem







Leave a Reply