Kolom M.U. Ginting: Dari Surat Tugas ke 2 Soal di Karo

0
207

M.U. GintingIni pengetahuan praktis bagi publik dalam menghadapi ’razia’ yang tidak resmi dari atasan. Tanyakan surat razianya kalau memang resmi mengadakan razia. Tak boleh periksa atau menangkap seseorang tanpa surat, kecuali kalau bikin kesalahan atau pelanggaran tertentu menurut peraturan lalu-lintas, dimana polisi berhak melakukan tindakan tertentu terhadap pelanggar bersangkutan.

Pelanggaran yang dibikin Polisi di Ciputat sudah beredar luas di masyarakat berkat adanya media sosial, yang membikin keterbukaan dan partisipasi luas. Pelanggaran dari pihak Polisi tak bisa lagi disembunyikan atau digelapkan. Itulah jaman keterbukaan dan partisipasi publik.

Buka seluasnya dan partisipasi publik sebanyaknya! Inilah cara tepat dan sesuai dengan tuntutan jaman dalam menyelesaikan soal kemanusiaan apa saja Abad 21: KETERBUKAAN DAN PARTISIPASI PUBLIK!

Bagi orang Karo, masih perlu selalu mempromosikan partisipasi publik ini. Sifat sikulikapintroversi Karo membutuhkan promosi meningkatkan keaktifan dan kegesitan dalam membangun Karo dan menggerakkan revolusi mental Karo.

Dalam mempromosikan perubahan dan pembangunan Karo, ada soal-soal yang perlu dibuka sekarang di Karo supaya jangan jadi penghambat perubahan dan perkembangan Karo; 2 perusahaan luar di Karo yang hasilnya dan kontraknya masih tertutup, yaitu perusahaan panas bumi Sibayak dan perusahaan air bersih Doulu.




Jangan dibiarkan 2 soal ini jadi rahasia terus! Biar rakyat Karo mengetahui untung ruginya dari 2 perusahaan SDA alam Karo itu yang pada pokoknya adalah milik penduduk daerah Karo. Berapa duit yang dihasilkan dan berapa duit ditinggalkan untuk Karo termasuk untuk bisa memperbaiki kerusakan lingkungan yang datang dari situ. Sudah terjadi juga perusakan lingkungan seperti ikan pada bermatian di sekitar Doulu, dan air minum rusak, siapa bertanggungjawab?

Pemuda, mahasiswa dan semua LSM Karo seperti IMKA, HMKI mulailah gerakan mempromosikan gerakan kepentingan pembangunan dan pembaruan di Karo, termasuk 2 soal di atas sudah waktunya untuk dikedepankan dan diperjelas untung ruginya bagi alam Karo, Taneh Karo dan masyarakat Karo. Jadikanlah pelajaran bagi anak-anak sekolah bagaimana alam dimanfaatkan demi kepentingan manusia, tetapi juga bisa merusak lingkungan mengancam kesehatan manusia.








Leave a Reply