Penjelasan BNPB Mengenai Letusan Sinabung

jebta 3JEBTA SITEPU. KABANJAHE. Korban jiwa awan panas akibat letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo bertambah. Data sementara dari BPBD Kabupaten Karo, terdapat 9 orang terlanda awan panas. 6 orang meninggal dunia dan 3 orang kritis dengan luka bakar terkena awan panas.

Semua korban berada di RS Efarina Etaham Kabanjahe. Mereka adalah warga Desa Gamber (Kecamatan Simpang Empat) yang berada di dalam Zona Merah saat Gunung Sinabung meletus disertai luncuran awan panas [Sabtu 21/5: Pukul 16.48 Wib].

Nama korban meninggal dan luka-luka sebagai berikut:

Meninggal:
1. Karman Milala (60).
2. Irwansyah Sembiring (17).
3. Nantin Br. Sitepu (54).
4. Leo Perangin-angin.
5. Ngulik Ginting.
6. Ersada Ginting (55).

Luka-luka:
1. Brahim Sembiring (57).
2. Cahaya Sembiring (75).
3. Cahaya br Tarigan (45).

Tim SAR gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD, PMI, relawan dan masyarakat terus melakukan pencarian korban dengan menyisir rumah dan kebun masyarakat. Tidak diketahui secara pasti berapa banyak masyarakat yang berada di Desa Gamber saat kejadian luncuran awan panas.

gamber 7
Reporter Sora Sirulo meliput sweeping warga Gamber (Kecamatan Simpang Empat) yang dilakukan oleh Satgas Bencana (Dandim Tanah Karo). Foto: JHON ROCKY.

Harusnya tidak ada aktivitas masyarakat. Namun sebagian masyarakat tetap nekat berkebun dan tinggal sementara waktu sambil mengolah kebun dan ladangnya. Alasan ekonomi adalah faktor utama yang menyebabkan warga Desa Gamber tetap nekat melanggar larangan masuk ke desanya.

Pencarian dilakukan dengan tetap memperhatikan ancaman dari erupsi Gunung Sinabung. Letusan disertai awan panas masih sering terjadi sehingga membahayakan bagi petugas SAR.

Desa Gamber berada pada radius 4 km di sisi Tenggara dari puncak kawah Gunung Sinabung yang dinyatakan sebagai daerah berbahaya atau Zona Merah. Berdasarkan rekomendasi PVMBG, Desa Gamber tidak boleh ada aktivitas masyarakat karena berbahaya dari ancaman awan panas, lava pijar, bom, lapilli, abu pekat dan material lain dari erupsi.

Sejak 31 Oktober 2014, Desa Gamber direkomendasikan sebagai daerah berbahaya dan masyarakatnya harus direlokasi ke tempat yang lebih aman. Masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas, termasuk untuk mengolah lahan pertanian di Desa Gamber, apalagi saat status Awas.

Sebanyak 1.683 KK (4.967 jiwa) masyarakat di 4 desa harus direlokasi tahap ke dua yaitu Desa Gamber, Kuta Tonggal, Gurukinayan, dan Berastepu.




Sambil menunggu proses relokasi, warga ditempatkan di hunian sementara, dimana BNPB memberikan bantuan sewa rumah sebesar Rp 3,6 juta/ KK/ tahun dan sewa lahan pertanian sebesar Rp 2 juta/ KK/ tahun. Saat ini proses relokasi masih dilakukan. Adanya keterbatasan lahan menyebabkan relokasi tidak dapat dilakukan secara cepat.

Kepala BNPB, Willem Rampangilei, telah menginstruksikan kepada Bupati Karo agar segera mengambil langkah-langkah yang cepat guna mengosongkan Zona Merah. Patroli, penjagaan dan sosialisasi agar ditingkatkan. Aparat agar lebih tegas melarang warga menerobos Zona Merah. Sebab ancaman Gunung Sinabung bukan hanya letusan disertai awan panas, tetapi juga banjir lahar dingin.

TRC BNPB memberikan pendampingan kepada BPBD Karo. BNPB terus memberikan bantuan kepada Pemda Karo. Total bantuan dana siap pakai yang telah diberikan BNPB untuk penanganan erupsi Gunung Sinabung sejak September 2013 hingga sekarang mencapai lebih dari Rp 360 milyar.

Aktivitas vulkanik masih tetap tinggi. Potensi letusan susulan disertai luncuran awan panas juga masih berpeluang terjadi di sisi Timur, Tenggara dan Selatan.

Adanya suplai magma dari perut Gunung Sinabung maka guguran lava yang menghasilkan awan panas umumnya terjadi setelah pertumbuhan kubah lava. Awan panas ini merupakan campuran material berukuran debu hingga blok bersuhu lebih dari 700 derajat celsius yang meluncur dengan kecepatan bisa di atas 100 kilometer per jam.








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.