Sirulo TV: 3 Kecamatan (Simpang Empat, Merdeka, Berastagi) Tertutup Debu Sinabung

0
154

rikwan sinulinggaRIKWAN SINULINGGA. BERASTAGI. Penderitaan warga Karo tak kunjung berakhir pasca erupsi Gunungapi Sinabung sejak September 2013 (erupsi awal erjadi pada Oktober 2010). Silih berganti ancaman selalu datang dan hampir seluruh warga Dataran Tinggi Karo mengalaminya.

Kali ini, dampak yang terparah akibat letusan Sinabung kemarin [Sabtu 21/5] adalah adanya korban jiwa (info tetakhir 9 orang meninggal dunia). Tidak hanya sampai di situ, saat ini warga 3 kecamatan (Simpang Empat, Merdeka, dan Berastagi) juga merasakan dampak yang luar biasa. Sampai saat ini, rumah-rumah mereka masih tertutupi debu vulkanik Sinabung.

vulkanik 5Terlihat jelas debu vulkanik tersebut sangat tebal lebih kurang 3-5 cm menutupi rumah dan jalan-jalan. Juga lahan pertanian mereka hancur diluluhlantakkan debu vulkanik dan bisa dipastikan tanaman-tanaman akan gagal panen. Di samping itu, dampak debu vulkanik ini sangat mengganggu kesehatan bagi warga terutama anak-anak kecil.

Warga mengeluhkan belum adanya bantuan dari Pemda untuk membantu membersihkan debu vulkanik ini dari rumah dan jalanan di desa mereka.

“Mohon Pemda dan BPBD segera membantu kami paling tidak untuk membersihkan debu ini agar kami bisa menghirup udara segar lagi. Kami pun tetap berusaha membersihkannya dari kemarin dengan upaya kami. Bahkan warga sekitar membeli air untuk membersihkan debu ini. Tapi sudah 2 hari tetap saja tidak bersih,” tutur seorang warga.




Di samping itu, warga meminta bagi pengemudi motor dan mobil yang melewati jalan Raya Simpang Empat – Berastagi agar memperlambat laju kendaraannya ketika melintas, agar debu tidak beterbangan kembali. Ini akan sangat mengganggu kesehatan warga di sini.

“Kami sangat mengharapkan agar Pemda Karo dan BPBD segera mengirimkan bantuan air bersih dengan peralatan Damkar untuk membersihkan debu vulkanik dari atap rumah-rumah warga dan jalan raya Simpang Empat – Berastagi,” pinta seorang warga Desa Gajah yang dia sampaikan lewat Sora Sirulo.

Warga juga sangat mengharapkan bantuan masker, obat tetes mata dan layanan kesehatan. Beberapa warga dan anak-anak sudah mulai merasakan sesak dan batuk-batuk karena 2 hari menghirup debu vulkanik ini.

vulkanik 2

vulkanik 3vulkanik 4







Leave a Reply