SHIPPAIGAKU

0
159

Oleh: Genesis Sembiring (Taiwan)

 

Genesis SembiringJepang adalah salah satu negara di dunia yang paling sering terkena bencana alam. Mulai dari gempa bumi sampai tsunami sudah dirasakan negara ini. Terlepas dari rawannya Jepang terkena bencana alam, Jepang juga adalah salah satu negara yang paling baik dalam menangani bencana.

Mengapa? Walaupun Jepang negara rawan bencana, tapi jepang adalah salah satu negara paling maju di Asia menurut IMF Tahun 2015 “Advanced Economies”. Lalu, apakah rahasia suksesnya? Rahasianya adalah “Shippaigaku”.

sinabung 24
Model: Sefer Nanda Sitepu

Istilah Shippaigaku pertama kali diperkenalkan oleh Takashi Tachibana, seorang kolumnis Jepang. Shippai berarti gagal dan gaku berarti ilmu. Dengan kata lain, shippaigaku berarti ilmu yang mempelajari tentang kegagalan.

Hubunganya dengan Bencana?

Secara geografis, Jepang terletak pada 4 lempeng tektonik sekaligus, sehingga menempatkan Jepang sebagai negara yang rawan gempa. Dengan Ilmu Shippaigaku, Jepang selalu berhasil bangkit dan muncul dengan kekuatan yang lebih besar.

Salah satu kunci keberhasilan Jepang adalah sikap sadar diri antara pemerintah dan masyarakatnya sehingga proses kebangkitan cepat terealisasi. Berkaca dari pengalaman Jepang, penanganan bencana di Indonesia terutama di Tanah Karo sangat memprihatinkan.n




Sejak 2013 lalu hingga sekarang, penanganan bencana Sinabung tidak juga kunjung usai. Derita demi derita sepertinya tidak kita rasakan bersama sehingga semua berlarut-larut.

Kerjasama pemerintah dan masyarakat adalah satu-satunya solusi. Mari, kita lupakan sejenak kepentingan pribadi. Jika ini terus berlarut-larut, ancamannya adalah masa depan yang carut-marut.

Bangkitlah Tanah Karo!




Leave a Reply