Sirulo TV: Pesta Mejuah-juah Hari Ke 2 (Ndikkar, Ketteng-ketteng, Segala Cimpa)

0
227

rikwan sinulinggamejuah-juah 5RIKWAN SINULINGGA. BERASTAGI. Pesta Mejuah-juah hari ke dua [Minggu 29/5] di Taman Mejuah-juah (Berastagi) dipadati pengunjung dari seluruh pelosok Taneh Karo. Meskipun sedikit hujan gerimis, namun pengunjung tetap antusias mengunjungi stand-stand yang ada dan menyaksikan pementasan para pengisi acara.

Satu hal yang menarik berdasarkan pantauan Sora Sirulo, para pengunjung terlihat lebih tertarik pada stand-stand yang bernuansa budaya Karo seperti stand Dinas Koperindag yang memamerkan berbagai jenis uis Karo serta stand-stand lainnya yang memamerkan alat-alat musik Karo diantaranya keteng-keteng, kulcapi, dll.

Mejuah-juah 3Selain itu, pengunjung juga sangat antusias dengan perlombaan seni bela diri Karo, ndikar, yang sekarang ini jarang sekali ditampilkan di event-event Karo. Kali ini memperlombakan Tare-tare Bintang (tarian pembukaan seni bela diri Karo), dikuti oleh peserta yang masih berumur sekitar 11 tahun sampai dewasa. Ada satu peserta yang sudah berusia sekitar 65 tahun.

Peserta dari kalangan remaja putri Karo menambah semaraknya perlombaan seni bela diri Karo bernama ndikkar ini.

Kuliner Khas Karo seperti cimpa tuang, cimpa jaung dan cimpa jambe cukup laris dan disukai para pengunjung dibandingkan jenis-jenis masakan khas lainnya.














Leave a Reply