Sirulo TV: Desa Gamber Setelah Diterjang Awan Panas Sinabung

0
115

Jhon RockyJHON ROCKY. SIMPANG EMPAT. Desa Gamber (Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo) begitu mencekam setelah diterjang oleh awan panas Gunungapi Sinabung [Sabtu 21/5]. Sebagaimana telah kita ketahui, tragedi ini mengakibatkan 7 orang tewas dan 2 orang kritis (dalam perawatan) setelah diterjang oleh awan panas itu.

Desa Gamber yang terletak persis di kaki Gunung Sinabung itu sejak berada di Zona Merah dan tidak bisa lagi didiami, tapi apa mau dikata, penduduk Desa Gamber tetap nekad kembali ke desa mereka dengan alasan klasik: “faktor ekonomi”. Padahal, sejak Tahun 2013 warga Desa Gamber telah dievakuasi dan direkomendasikan agar tidak lagi bisa masuk ke desa mereka.

gamber 10Naas, akibat kenekatan mereka 9 jiwa menjadi korban sia-sia akibat terkena awan panas.

Bau menyengat bangkai begitu kental di seputaran rumah penduduk karena banyaknya bangkai binatang peliharaan yang ikut terkena awan panas. Ketebalan abu vulkanik mencapai 10 cm mengakibatkan rumah-rumah penduduk ditutupi debu vulkanik. Barang-barang penduduk banyak tergeletak di luar rumah tanpa bisa diselamatkan.

Liputan Sirulo TV terdiri dari 6 video yang masing-masing berdurasi sedikit di atas 1 menit. Liputan dimulai dari jalan masuk ke perkampungan Desa Gamber hingga memasuki perkampungan dan kemudian tiba di sisi paling dekat ke Gunung Sinabung. Di sisi itulah kampung ini diterjang awan panas.

Di sini kami hanya menampilkan Bagian dari 6 bagian itu. Kam bisa melihat selengkapnya dengan mengunjungi Channel Sora Sirulo TV dengan mengklik link INI atau https://www.youtube.com/channel/UCHf7AQA-rbRlO0D7bTUp5eQ

Saksikanlah bagaimana kering kerontangnya sepeninggal awan panas.









Leave a Reply