Besok Seminar Nasional Aren di USU Medan (Lanjut ke Buluhawar)

0
192

jebta 3JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Forum Bumi Hijau bersama TN – KAI menggandeng USU (Universitas Sumatera Utara) melalui Paska Sarjana Fakultas Pertanian USU untuk menjadi tuan rumah Seminar Nasional Aren. Seminar yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Abdul Rauf MP sebagai Ketua Panitia ini akan berlangsung pada 02 Juni 2016 (Pkl. 09.00 – 14.00 WIB) dengan mengambil tempat di Biro Rektor USU Ruang IMT-GT Lantai 2.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Forum Bumi Hijau, Benson Kaban, kepada Sora Sirulo hari ini [Rabu 1/6] di Medan.

“Aren merupakan tanaman istimewa. Semua unsur dari tanaman aren bisa dimanfaatkan dengan baik, mulai dari akar hingga ujung daun. Namun begitu, petaninya masih kurang sejahtera. Sehubungan dengan itu, seminar ini juga adalah untuk mencari jalan untuk meningkatkan perekonomian petani aren,” tutur Benson dengan raut wajahnya yang khas dan sepadan dengan rambutnya yang lurus.

Adapaun mengenai Komunitas Aren Indonesia, menurut Benson, terbentuk melalui media sosial untuk merumuskan TN-KAI (Temu Nasional Komunitas Aren Indonesia) di Desa Buluhawar (Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang). Pertemuan ini dilaksakan para tanggal 3 hingga 5 Juni 2016.

aren 9“TN-KAI ini akan dihadiri oleh peserta dari 28 provinsi di Tanah Air, dipadukan dengan peserta lokal. Pembukaan gerakan penanaman 10.000 pohon sudah dilakukan langsung oleh Rektor USU Prof. Dr. Runtung Sitepu SH MH, didampingi oleh Kepala BP DAS Dr. Ahmad Sofyan, Prof. Abdul Rauf, Prof. Dharma Bhakti dan Jaman Ginting di Arboretum Kampus USU Kuala Bekala. Puncak kegiatan akan diselengakan 2 Juni 2016 di Sibolangit. Secara simbolis akan ditanam oleh pejabat Kementerian Lingkungan Hidup antara lain: Kelik Wirawan Widodo (Tenaga Alhi Menteri), Djoko Widarjo (Tenaga Ahli Menteri) dan Dr. Dwi Suharto (Kepala Puslitbang KLH),” papar Benson dengan semangat.

Penanaman pohon aren sudah dimulai di jalur Medan – Takengon via Kabanjahe 425 KM dan jalur Tiga Ras – Parapat 31 KM.

Dalam setahun ke depa, Benson optimis akan menanam 1 juta pohon aren di seluruh penjuru negeri. Proyek awal dari jalan lingkar Danau Toba, melanjutkan program Tiga Ras Parapat menjadi Tiga Ras – Parapat, Parapat – Balige, Balige – Dolok Sanggul, Dolok sanggul – Sidikalang via Tele – Sidikalang – Merek dan Merek. – Tiga Ras via Tiga Runggu.

Selanjutnya, dari jalan lintasan luar ke titik tepi danau, seperti Seribudolok – Haranggaol. Sembari merawat dan menyisip aren di lintasan Medan – Takengon bersama Asosiasi Aren Indonesia yang akan di deklarasikan di saat Seminar Nasional Aren di Buluhawar (Sibolangit).

Adapun 3 rangkaian kegiatan ini dikoordinir oleh kepanitiaan yang dipimpin oleh Benson Kaban SSos sebagai Koordinator Umum dengan tim Jeki F. Purba SIp (Koordinator Penanaman Pohon Aren ), Abdul Halim SIp (Koordinator TN KAI) dan Edi Jems Sitepu (Koordinator Kepanitaan Lokal TN KAI) serta dijalankan oleh ratusan tenaga relawan Forum Bumi Hijau.

Panitia pengarah dalam acara tersebut adalah:

N. Akelaras (peraih penghargaan Kalpataru 2015 dari Presiden Jokowi).
Prof. Abdul Rauf (pakar lingkungan hidup & kepala paska sarjana FP USU)
Dr. Ahmad Sofyan (Kepala BP DAS Sumut)
Johan Bukit SH MH (pengacara)
H. Edi Koesriady (Wirausahawan)
Mayjen TNI (Purn) Raja Kami Sembiring (pemerhati lingkungan & sosial)













Leave a Reply