Sering Bolos, Bidan Desa STM Hulu Disoroti

0
168

imanuel sitepu 3IMANUEL SITEPU. STM HULU. Kinerja sejumlah bidan yang bertugas di Polindes, Kecamatan STM Hulu (Kabupaten Deliserdang) kembali mendapat sorotan dari sejumlah elemen masyarakat. Polindes yang telah dibangun untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat belum dimanfaatkan dengan semestinya.

“Bahkan dari hasil investigasi kita lakukan, masih terdapat Bidan Polindes yang tidak menempati tempat tugasnya,” kata Ketua LSM Peduli Rakyat (Perak) Sumatera Utara Antonius Sitanggang SH didampingi ketua DPD LSM Perak Deliserdang Julianus Barus kepada wartawan di Tiga Juhar [Senin 30/5].

Antonius mencontohkan seperti peraktek bidan di Desa Liang Nguda. Begitu mendapat informasi dari masyarakat, kita langsung melakukan investigasi.

“Lalu, tim kami arahkan ke beberapa desa di Kecamatan STM Hulu. Dari situ kami menemukan masih adanya bidan yang tidak menjalankan tugas dengan semestinya,” katanya.

Ironisnya, sambung Julianus Barus, praktek ini seolah mendapat restu dari atasannya yakni Kepala Puskesmas Tiga Juhar Dr Boyke.

“Kami menilai adanya peraktek bidan malas ini berkat lemahnya pengawasan dari Kepala Puskesmas Tiga Juhar,” sambut Julianus Barus.




Dikatakan oleh Julianus, sebelumnya, kasus bidan malas ini telah sempat mencuat di jajaran Puskesmas Tiga Juhar beberapa waktu lalu. Dengan adanya sorotan kinerja itu, sejumlah bidan yang bertugas di desa berbenah dengan menempati Polindes tempatnya ber tugas.

Namun, praktek itu tidak berlangsung lama. Saat ini, katanya, sejumlah bidan kembali tidak menjalankan tugasnya seperti contoh yang terjadi di Desa Liang Nguda.

“Sesuai pantauan tim kami, masih banyak bidan yang tidak menjalankan tugasnya dengan semestinya. Seperti saat berada di Desa Liang Nguda, kami menemukan Polindes yang tidak difungsikan sebagaimana mestinya,” kata Barus.

Lebih jauh katanya, sebelumnya Kepala Puskesmas Tiga Juhar telah menginstruksikan kepada Bidan Desa agar berdomisili di desa masing masing sesuai tempat tugas. Ini dimaksudkan agar masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa ditangani dengan baik. Akan tetapi, tampaknya tidak semua bidan mengindahkan himbauan tersebut. Untuk itu Julianus minta kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk menindak bidan-bidan malas yang masih terdapat di Kecamatan STM Hulu.




Leave a Reply