Sirulo TV: Mburo Ate Tedeh Pengungsi Singgarang-garang Kemarin Malam

0
136

Jhon RockyJHON ROCKY. KABANJAHE. Acara Gendang Mburo Ate Tedeh masyarakat Desa Singgarang-garang (Kecamatan Naman Teran) berlangsung meriah kemarin malam [Sabtu 4/6]. Acara ini digagas oleh Dandim Tanah Karo, Letkol A. Sitepu yang juga putra Singgarang-garang. Acara dilaksanakan di Posko Pengungsi GBKP Simpang Enem Kabanjahe.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim Tanah Karo, Letkol A. Sitepu, Ketua PMI Cabang Karo dr. Jasura Pinem MKes juga Plt. BPBD Karo Matius Sembiring dan Koordinator Tanggap Bencana GBKP Pdt. DS Pandia. Acara dirangkai dengan pemberian bantuan dari putra daerah Singgarang-garang di perantauan berupa Sembako. PMI Karo juga memberikan bantuan berupa minuman ringan kepada seluruh pengungsi yang berada di acara tersebut.

singgarang-grang 2Ketika Sora Sirulo menanyakan salah seorang warga pengungsi Tuah Ginting (42) apa kesanny dengan acara ini, dia mengatakan bahwasanya acara ini sangat penting. Sudah selama 3 tahun mereka mengungsi baru kali ini mereka bisa bertemu dengan putra asal Singgarang-garang yang di perantauan.

“Dulu kami bisa bertemu setahun sekali dalam acara Kerja Tahun yang merupakan tradisi orang Karo pada umumnya. Kami sangat bangga kepada putra-putri terbaik Desa Singgarang-garang yang telah berhasil di perantauan. Salah satunya adalah Dandim Tanah Karo Letkol A. Sitepu yang telah menggagas acara ini,” katanya.

Menurut pantauan Sora Sirulo, warga pengungsi dari Desa Singgarang-garang begitu antusias mengikuti acara demi acara. Mereka menari bersama melupakan sejenak duka lara yang selama ini mereka alami akibat keganasan Gunung Sinabung. Acara Gendang Mburo Ate Tedeh itu juga dihibur oleh perkolong-kolong dan juga artis penyanyi Karo.








Leave a Reply