Kolom Sada Arih Sinulingga: KARO, AMERIKA, DAN TANTA J. GINTING

0
364

SADA ARIH 5Dalam diskusi mengenai KBB (Karo Bukan Batak), sering sekali pihak yang kontra dengan KBB terutama dari kalangan Suku Batak dan yang mengaku Batak Karo memberikan argumentasi dengan mengungkapkan hubungan marga-marga tertentu di Suku Karo dengan Marga di Suku Batak. Baik dengan alasan telah bergabungnya mereka ke dalam organisasi Marga Batak di perantauan atau juga telah terjadi persaudaran sejak lama melalui “perseninaan” atau “dongan tubu”. Lebih parah lagi, mereka membawa-bawa hubungannya dengan Tarombo Siraja Batak.

Karo berasal dari segala penjuru mata angin, menyatu dan berakulturasi dengan sangat terbuka. Menerima orang luar secara bersama-sama untuk bersepakat tunduk kepada sistim kekerabatan Karo.

america 2Dengan adanya hubungan seperti itu, belumlah dapat dikatakan jika Karo itu berasal dari Batak. Jadi, berdasarkan pikiran seperti itu, Karo itu belum dapat dikatakan Batak.

Sebagai perbandingan, Orang Amerika berasal dari berbagai bangsa dari Eropa ditambah dengan bangsa-bangsa dari benua lainnya di seluruh dunia ini. Amerika memerdekakan diri dari penjajahan Inggris serta menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa persatuannya. Namun, Amerika dikenal sebagai Bangsa Amerika, Bukan Bangsa Ingris dan dikenal saat ini sebagai Bangsa Amerika.

Dari kenyatan yang ada ini, dapatkah Orang Amerika itu diklaim sebagai Bangsa Inggris atau Bangsa Eropa? Tentu tidak. Kenyataannya Amerika dengan bangganya menyebut diri mereka sebagai bangsa Amerika:  I am an America.




Betapa majunya Amerika yang kemudian muncul sebagai negara super power di dunia ini. Kebanggaan yang sama akan tercipta melalu gerakan KBB ini karena orang Karo akan semakin berani menyatakan diri sebagai orang Karo tanpa embel-embel Batak dengan berkata “Aku Suku Karo, I am a Karo.

Seperti Tanta J. Ginting yang telah melakukan koreksi salam Horas dengan salam Mejuah-juah. Tanta J. Ginting selaku putra dari Karo bukan putra dari Batak memang harus disapa Mejuah-juah.








Leave a Reply