Kolom Genesis Sembiring: INDONESIA BERBENAH

0
195

Genesis SembiringMenurut organisasi Ikatan Konsultan Pendidikan Internasional Indonesia, ada sekitar 50 ribu pelajar Indonesia yang belajar ke luar negeri tahun 2012. Tingkat pertumbuhan lebih kurang sekitar 20% setiap tahun. Artinya, di tahun 2015 sudah hampir sekitar 100 ribu jumlahnya.

Tentu, pertumbuhan ini sangat membanggakan Indonesia. Mengingat betapa dibutuhkannya masyarakat berintelektual tinggi untuk pembangunan setiap sektor di negeri ini.

taiwanDirektur Utama lembaga pendidikan Euro Management Bimo Sasongko mengatakan, saat ini masih banyak anggapan masyarakat bahwa kuliah di luar negeri itu mahal. Padahal, jika ditinjau lebih jauh, banyak beasiswa tersedia di luar negeri.

Sebut saja Taiwan, Taiwan menyediakan kuota beasiswa yang lumayan banyak. Beasiswa ini secara umum dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu beasiswa dari pemerintah Taiwan dan beasiswa dari universitas di Taiwan.

Menurut International Institute for Management Development, Taiwan saat ini berada pada peringkat 6 secara global dalam hal penelitian, pengembangan dan produksi. Tidak berhenti di situ, Taiwan adalah pemimpin dalam produsen dan pengembangan chip komputer, ponsel pintar, dan perangkat lainnya. Oleh sebab itu, sudah sangat wajar jika Taiwan dijadikan salah satu destinasi dalam hal menuntut Ilmu.

Hal ini didukung juga dengan penelitian Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Baru-baru ini, mereka merilis sistem pendidikan terbaik dia Asia, dan Taiwan pun meraih peringkat 5 terbaik.




Dalam hal keamanan, Taiwan meraih peringkat 20 negara teraman sedunia (data dari Global Study on Homicide). Hal ini berdasarkan rendahnya tingkat kriminalitas di negara ini. Terkhusus untuk pelajar dari Indonesia, di Taiwan kita juga memiliki Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), Persatuan Pelajar Sumatera Utara (PPSU) , Ikatan Mahasiswa dan Masyarakat Karo di Taiwan (IMKA TAIWAN) dan beberapa organisasi keagamaan.

Nah, hebat bukan?

Terkhusus untuk beasiswa Taiwan, pendaftaran beasiswa akan dibuka mulai bulan Agustus untuk beberapa universitas. Jadi, mulai dari sekarang, sudah bisa mempersiapkan berkas, seperti TOEFL dan Study Plan.

Mari bersama, membangun Indonesia dari Beasiswa Studi Lanjut Luar Negeri.








Leave a Reply