Bahasa Karo dengan Bahasa Batak Beda Jauh

2
369

Oleh: Immanuel Prasetya Gintings

 

immanuel gintingsSecara linguistik pembagian bahasa diantara suku yang menggunakan bahasa Batak yang diklaim sebagai bahasa Batak berbeda total dengan bahasa Karo. Persamaan secara linguistik, bahasa Karo bisa dianggap sebagai induk dari rumpun bahasa lainnya seperi Alas, Pakpak dan Gayo. Sedangkan bahasa Batak lebih mendekati induk yang terdiri dari Toba, Simalungun, Sibolga dan Mandailing.

Tidak ada Karo berdialek Toba, tapi yang ada Toba berdialek Karo dari saudara-saudara kita Simalungun yang tinggal di kawasan Bangun Purba dan sekitarnya. Tapi inipun mengingat adanya Karo Jahe, kemungkinan perbedaan nyata jelas terlihat dari bahasa Simalungun yang asli bereferensi kepada mereka yang tinggal di daerah Raya.

padriDalam kosakata, terdapat perbedaan penting dalam beberapa hal seperti kata Ibu dan Bapa. Tapi hal yang paling nyata adalah perbedaan kosakata dukun yaitu Guru di Karo yang sama dengan Melayu Deli dan Datu di Batak yang sama dengan Aceh.

Secara sejarah, Melayu dan Karo tidak berasal dari bagian yang sama dengan Aceh. Dalam hikayat Si Raja Batak, justru mereka bersaudara dengan Aceh dan berkoalisi sedari dulu. Hal ini dibuktikan dari temuan sejarah adanya tulisan Arab pada bendera Sisingamangaraja XII. Perang besar yang melatarbelakangi kisah Putri Hijau menjadi salah satu fakta sejarah yang mendukung hal ini.

Salah satu fakta yang mendukung adalah nyata perbedaan antara Aceh dan Gayo hingga saat ini.

Berdasarkan penelusuran dalam risetku, tidak ada kata Batak yang digunakan oleh masyarakat Karo yang tercatat dalam artefaknya. Jutru kata Teba yang digunakan untuk menjelaskan saudara-saudara mereka di Samosir. Walaupun sejarah Ginting dikatakan berasal dari Simbolon Samosir, tapi lagi-lagi tidak pernah ada artefak dalam bahasa Karo yang menggunakan kata Batak.




Dari penelusuran jarak beda dialektologi bahasa Karo dan Batak, usia beda kedua bahasa ini juga lebih tua dari masa penjajahan.

Sedangkan dari penelitian Ketut, usia DNA masyarakat Karo dengan masyarakat Toba di Pusuk Buhit dihasilkan temuan bahwa DNA Karo jauh lebih tua usianya.

SEKARANG, dari sana hampir bisa dipastikan, kisah penggunaan nama Batak atas Karo adalah sesuatu yang muncul belakangan dan tidak bisa ditemukan bukti artefaknya dari peninggalan masyarakat Karo.

Kalau mau klarifikasi sejarahnya, di Masjid Jalan Masjid Medan terdapat tulisan Mejuah-juah dan Ahoii… juga bagaimana perbedaan Melayu Deli dan Melayu Serdang terhadap Batak dan Aceh menjadi salah satu fakta sejarah yang ada hingga saat ini.








2 COMMENTS

  1. Kalau memutuskan bahwa bahasa berbeda jauh berarti Anda sudah bisa menguasai 2 bahasa tersebut? Terus yg saya pertanyakan apakah kata Mandi dalam bahasa Karo dan Toba itu hampir serupa?

    • Maaf.. saya rasa pertanyaan maupun pernyataan ini lucu jika ditelaah dari teori bahasa. Kalau menurut anda, kesamaan beberapa istilah dalam bahasa, menjadikan budaya itu sama? Kalau begitu Indonesia adalah sama dengan Belanda (Kantor), Indonesia sama dengan Pakistan (Istri), dan masih banyak lainnya. Terkadang kita memberi sanggahan tidak dengan cara2 cerdas dan berdasarkan perasaan hati semata. Ini kacau kalau kita mau belajar, tapi perasaan udah lebih pintar dari hasil penelitian dan penelusuran yang dilakukan oleh ahli di bidangnya… 😀

Leave a Reply