Berita Foto: Peninggalan Urung Senembah

0
262

jebta 2JEBTA B. SITEPU. PATUMBAK. Dalam rangka mengumpulkan data untuk penerbitan buku Sejarah Kerajaan Urung Senembah atas kerjasama Sora Sirulo bdengan Yayasan Cahaya Karo, reporter Sora Sirulo hari ini [Minggu 19/6] mengunjungi makam dari Raja-raja Urung Senembah.

Kunjungan ini didampingi oleh seorag pemangku adat yang juga sekaligus adalah Raja Urung Senembah yang sekaang, yaitu Wan Chaidir Barus.

Perjalanan dimulai dari rumah peninggalan Raja Urung di Patumbak (Pukul 15.00 WIB) dan bergerak ke areal perkebunan PTPN II Patumbak, Afdeling II. Di lokasi ini, terdapat Makam Taharim Gajah Menta Barus yang merupakan Raja Urung Senembah ke II yang berkuasa pada tahun 1620-1665.

Senembah 6
Makam Sulong Bahar, Wan Guntar Alam dan keturunannya.

Dari makam Taharim, kita bergerak menuju makam Sutan Mangedar Alam Harimau Putih Raja Urung Senembah I yang berkuasa pada tahun 1580-1620. Lokasinya juga masih satu wilayah besar di PTPN II Patumbak. Di samping lokasi ini terdapat sungai yang menjadi tempat pertama kalinya bersandar perahu Raja Sutan Mangedar. Kondisi makam ini lebih terawat dari makam Taharim Barus.

Setelah dari lokasi ke dua makam tersebut, Sora Sirulo berkesempatan berkunjung ke sebuah Gua Umang atau Pemandian Barus Mergana. Lokasinya tidak jauh dari jalan masuk menuju makam. Lokasi Gua ini juga tidak terlalu baik perawatannya.

Kemudian Sora Sirulo berkunjung ke Masjid yang beraksitekturkan Rumah Adat Karo di Jl. Besar Patumbak Pasar 8 dan gedung tua bekas peninggalan Belanda di Areal Afdeling II.

Senembah 8
Makam Taharim Gajah Menta Barus (panjang 7 meter).

Tempat terahir yang dikunjungi oleh Sora Sirulo adalah areal pemakaman Raja-raja Urung Senembah yang wafat sekitat tahun 1800-1900an, tepatnya di Jl. Pertahanan Patumbak, depan Kantor Camat Patumbak. Di areal ini terdapat Makam dari Raja-raja Urung Senembah lainnya, seperti Wan Guntar Barus, Sulong Bahar, dan keturunan lainnya. Lokasi areal makam ini lebih terawat dari makam-makam lainnya.



Senembah 7
Gua umang
senembah 9
Pancuran gua umang

 

 

 

 

 

 

 

 

senembah 12
Bangunan peninggalan kolonial Belanda.
senembah 11
Mesjid di Urung Senembah dengan gaya arsitektur Karo.

 






Leave a Reply