Camat Delitua Biarkan Sungai Deli Tempat Sampah

0
186

imanuel sitepu 3IMANUEL SITPU. DELITUA. Belakangan ini, Kota Medan kerab dihantui bencana banjir. Salah satu pemicunya akibat warga yang berada di bagian hulu, menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Ini membuat alur sungai menjadi sumbat dan dangkal.

Seperti halnya yang terlihat di Jl. Sejarah (Kecamatan Delitua). sebuah jembatan penghubung Kecamatan Delitua dengan Desa Delitua (Kecamatan Namorambe) yang di bawahnya mengalir Sungai Deli, saat ini dipenuhi berbagai sampah rumah tangga dan sampah kedai kelontong.

sampah 8Menurut Suprianto (36) seorang warga yang sedang melintas kepada Sora Sirulo [Minggu 19/6], warga setempat sudah lama menjadikan aliran sungai itu tempat pembuangan sampah. Suprianto juga menjelaskan, warga melakukannya agar pekarangan dan rumah mereka terbebas dari sampah.

“Jadi ke mana lagi warga di sini buang sampah, bang? Kalau ke sungai ini kan dekat,” katanya.

Sebenarnya, kata ayah 2 anak ini, ia mengetahui kalau membuang sampah ke sungai adalah perbuatan salah. Namun, hal itu harus dilakukan karena tidak ada pilihan lain. Pihak Kecamatan Delitua tidak pernah menyediakan tong tempat pembuangan sampah di sepanjang Jl. Sejarah.

“Kalau memang membuang sampah ke sungai dilarang, seharusnya camat menyediakan tong sampah atau mobil pengangkut sampah di sekitar pemukiman kami,” tuturya.




Lanjut dikatakan, sebenarnya yang menjadikan sungai tempat pembuangan sampah, bukan hanya warga sekitar, tapi juga sejumlah warga daerah lain sambil melintas.

“Banyak saya lihat warga membawa kantongan plastik berisi sampah melintas di sini. Begitu sampai di atas jembatan, sampah tersebut lalu dibuang ke sungai. Kalau saya perhatikan, Camat Delitua sekarang ini kurang peduli dengan masalah sampah. Maka dari itu, tidak bisa sepenuhnya masyarakat yang disalahkan. Coba kalau tong sampah ada, pasti masyarakat tidak sembarangan membuang sampah,” bebernya sambil berlalu.








Leave a Reply