Zona Merah Sinabung Ditembok

0
87

Jhon RockyJHON ROCKY. KABANJAHE. Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Tanggap Darurat Erupsi Sinabung, Letkol (Inf.) Agustatius Sitepu memerintahkan prajurit TNI dari Kodim 0205/ TK menembok permanen pintu masuk 3 desa di kawasan Zona Merah Sinabung sejak kemarin dulu [Senin 20/6].

Hal itu dilakukan mengingat ancaman bahaya erupsi Gunung Sinabung masih tinggi. Warga pengungsi diketahui masih sering memasuki desa di kawasan Zona Merah secara sembunyi-sembunyi melalui jalur tikus. Jalur ini sengaja dibuat oleh warga agar dapat memasuki desanya.

tembok sinabung 3Pemasangan Portal dirasa tidak efesien untuk menghalangi warga nemasuki kawasan tersebut. Seperti diketahui, awan panas Gunung Sinabung telah merenggut puluhan nyawa beberapa waktu lalu.

“Untuk menjaga agar tidak bertambahnya korban, kita terpaksa menembok jalur masuk ke desa,” kata salah seorang Prajurit TNI ketika ditanyakan oleh Sora Sirulo.

Menurut pantauan Sora Sirulo, penembokan permanen mulai dilakukan di pintu masuk Desa Kuta tonggal (Kecamatan Naman Teran) serta di pintu masuk Desa Gamber dan Desa Berastepu (keduanya di Kecamatan Simpang Empat). Tembok dibangun tingginya sekitar 40 cm agar kenderaan roda 2 dan roda 4 tidak bisa memasuki desa di kawasan Zona Merah.








Leave a Reply