Kepala Desa Se-Kabupaten Karo Dipilih Serentak

0
278

Jhon RockyJHON ROCKY. KABANJAHE. Pemilihan Kepala Desa se – Kabupaten Karo akan dilakukan serentak pada tanggal 11 Oktober 2016 yang akan datang. Tahapan Pilkades dimulai dengan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa di 17 Kecamatan pada tanggal 13 hingga 20 juni 2016.

Seluruh tahapan Pilkades Serentak Se-Kabupaten Karo dituangkan pada Peraturan Bupati Karo No. 13 Tahun 2016 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Karo Nomor 04 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa.

pilkades 5
Pemeriksaan kesehatan di RSUD Kabanjahe.

Pemilihan Kepala Desa yang diikuti oleh 234 Desa ini bakal seru karena banyaknya peminat yang ingin mencalonkan diri menjadi kepala desa. Menurut Peraturan Bupati No. 13 Tahun 2016 Pasal 18 ayat (1): “Dalam hal bakal calon Kepa Desa yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 berjumlah 2 (Dua) orang dan paling banyak 5 (Lima) orang dst.”

Dengan demikian, diramalkan jumlah calon yang mengikuti pemilihan Kepala Desa mencapai seribuan calon.

Menurut pantauan Sora Sirulo di Rumah Sakit Umum Kabanjahe, puluhan Balon (bakal calon) Kades terlihat antri menunggu untuk diperiksa kesehatannya sebagai salah satu persyaratan menjadi Calon Kepala Desa. Humas RSUD Kabanjahe dr. Ria Putra Purba mengatakan, sejak tanggal 21 Juni 2016 sampai hari ini [Kamis 23/6], pihaknya telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 52 orang Balon Kepala Desa.




Salah satu Balon Kepala Desa dari Desa Berastepu Gemuk Sitepu Sapo Durin ketika diwawancarai oleh Sora Sirulo mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap Balon Kepala Desa sangatlah penting agar nantinya tercipta kepala desa yang sehat dan energik dan bebas dari Narkoba. Dengan demikian, sang kepala desa nantinya akan tetap semangat membangun desanya masing masing.

Lebih lanjut Sitepu Sapo Durin ini menuturkan, dirinya mencalonkan diri menjadi Kepala Desa bukan karena ADD (Anggaran Dana Desa, red.) yang besar tapi karena panggilan jiwa agar dapat membangun desanya beserta warga desanya.








Leave a Reply