Penyunglap Baru dari Kaki Sinabung

0
170

jebta 2JEBTA B. SITEPU. KABANJAHE. Kenal Mpuh Sembiring? Magician 1st from Taneh Karo ini sekarang sudah memiliki pesaing dalam bermain sulap. Pesaingnya, juga berasal dari kaki Gunung Sinabung (Taneh Karo) dan bersuku Karo pula. Namanya adalah Pengabdian Bukit, atau lebih dikenal dengan “Ian Sintua”, putra dari pasangan Jhonson Bukit dan Alm. Suryati Br Ginting.

Penambahan nama Sintua dikarenakan Ian, begitu ia disapa, adalah anak tertua dari 2 bersaudara. Adiknya bernama Melisa br Bukit.

Ian tinggal di sebuah desa kecil di kaki Gunung Sinabung, Desa Surbakti (Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo). Desa yang banyak mengajari ian pengalaman tentang kehidupan di Karo.

Ian adalah seorang pemuda biasa yang sama seperti orang lain. Perbedaannya hanya ada di bagian Hobby. Dia lebih suka seni. Baik dari Seni Rupa, musik bahkan Design Grafis.

Ian Sintua
Ian Sintua saat nampil bermain kulcapi.

“Saya menyukai seni, seni apapun. Mulai dari seni rupa, musik, desain grafis juga fotografi. Semua seni itu menarik, kita bisa mengeksplorasi apa yang ada di dalam pikiran kita dan menuangkannya ke dalam sebuah media,” kata Ian kepada Sora Sirulo.

Sebetulnya, tidak ada darah seni yang mengalir dalam keluarganya. Tetapi Ian sedikit bereksplorasi.

“Seni melukis dan Design Gragis aku suka dari SMA. Di jenjang kuliah pertama aku masuk dalam seni magic selama 1,5 tahun. Saya menyukai aliran seni sulap street magic atau sulap jalanan, Illusionist, dan card magic,” lanjut Ian.

Sesampainya di Magic, Lukis, dan Grafis Ian mulai bermain dengan kamera. Tahun 2013, Ian belajar musik tradisi Karo kulcapi.

“Jika musik ini tidak dilestarikan alangkah sedihnya nanti anak cucu saya tidak bisa melihat kebudayaannya. Kita tidak akan bisa menahan arus modernisasi, namun kita harus bisa untuk mengeksplorasinya tanpa menghilangkan unsur Karo di dalamnya,” kata Ian.




Untuk melihat beberapa aksi Ian bermain musik dan sulap serta Design Grafis, cek di akun youtube IAN SINTUA OFFICIAL dan FB Ian Karonese Sintua atau invite 5fd66916.

Silahkan tonton video Ian bermain teleportasi kartu yang menyandingkan antara Batak Karo dengan Karo Bukan Batak #Rempetmainsulap.








Leave a Reply