Sirulo TV: Sungai Hijau, Motivator Pelestarian Sungai

0
147

Miska GintingMISKA GINTING. PEKANBARU. Sungai hijau terletak di Kabupaten Kampar (riau), lebih kurang 60 km dari Kota Pekanbaru. Sungai ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal Riau. Apalagi saat ini suhu di Provinsi Riau sangat panas mencapai 35°C.

Sungai Hijau merupakan suatu alternatif berwisata karena Sungai Hijau ini adalah pemandian. Terutama sepanjang musim puasa barusan, semua kolam berenang tutup.

Sungai HijauSungai Hijau ini adalah sungai kecil dengan kedalaman 1- 1.5 m dan lebar 4 m. Disebut namanya Sungai Hijau, menurut pantauan Sora Sirulo warna hijau ini diakibatkan oleh pantulan hijau dedaunan pohon karet yang tumbuh di sekitar sungai ini.

Diperkirakan dulunya sungai ini adalah tempat cuci getah masyarakat. Namun, pemilik ladang getah ini berinisiatif melihat potensi sungai hijau difungsikan untuk tempat wisata.

Sungai hijau ini menjadikan suatu lingkungan dan ekosistem yang natural. Ada yang difungsikan oleh masyarakat selain tempat mandi dipergunakan juga sebagai tempat mencuci pakaian dan sumber air bersih. Ini membuat kita seakan-akan berada di kampung.

Memang, sungai kecil seperti ini banyak terdapat di Kabupaten Kampar. Seperti di Kampar Kiri, sungai-sungai kecil ini dibangun begitu indah yang hanya dipergunakan untuk tempat mandi balimau namun tidak digunakan untuk wisata. Hanya saat musim balimau saja diadakan renovasi.









Leave a Reply