Bandara Abdul Rachman Saleh (Malang) Ditutup Akibat Erupsi Bromo

jebta 3JEBTA B. SITEPU. PROBOLINGGO. Erupsi Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo (Provinsi Jawa Timur) yang membawa abu vulkanik ke arah Barat – Barat Daya menyebabkan Bandara Abdul Rachman Saleh ditutup mulai hari ini [Senin 11/7: Pukul 11.00 WIB] hingga besok [Selasa 12/7: Pukul 09.00 WIB]. Hujan abu vulkanik tipis di sekitar Bandara menyebabkan pihak otoritas Bandara menutup semua aktivitas penerbangan hinga besok hari.

Gunung Bromo pada Senin pagi secara visual cuaca cerah-mendung, angin tenang, suhu 9-20°C. Asap kawah teramati kelabu kecoklatan sedang-tebal, tekanan lemah-sedang, tinggi asap berkisar 300-1200 meter dari puncak kawah ke arah Barat – Barat Daya.




Berdasarkan pengamatan Pos Gunung Bromo PVMBG secara seismik tremor amplitudo maksimum 1-5 mm dominan 2 mm. Artinya potensi erupsi kecil dengan membawa material abu vulkanik tipis masih akan berlangsung. Status Gunung Bromo tetap Waspada (Level II). Rekomendasi PVMBG dalam status WASPADA masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengunjung/ wisatawan/ pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif Gunung Bromo.

“Gunung Bromo tetap aman untuk wisata asal tidak melakukan aktivitas dalam radius 1 km. Masyarakat dihimbau tetap tenang. Tidak perlu ada pengungsian. Pihak otoritas Bandara akan terus berkoordinasi dengan PVMBG dan BMKG mengenai buka tutupnya bandara,” terang Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB kepada wartawan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.