Sirulo TV: Rumah Singgah Sultan Siak di Pekanbaru

0
120

Miska GintingMISKA GINTING. PEKAN BARU. Sultan siak memiliki sebuah rumah singgah di Pekanbaru (riau). Sampai saat ini, belum ada literatur/ informasi yang jelas tentang tahun berapa didirikannya bangunan ini.

Menurut pantauan Sora Sirulo, rumah singgah Sultan Siak ini secara arsitektur berbeda dengan rumah Melayu pada umumnya yang ada di sekitar Sungai Siak. Bahkan rumah ini mendekati arsitektur rumah Melayu Langkat atau Karo di Sumatera Utara.

Siak 3Rumah ini difungsikan Sultan Siak sebagai tempat penginapannya bila sewaktu-waktu melakukan kunjungan ke Pekanbaru di maa itu.

Rumah Singgah ini terletak di pinggir Sungai Siak dan sekaligus tempat berlabuhnya kapal pesiar Sultan Siak. Saat ini sekitar pinggiran Sungai Siak menjadi tempat wisata cagar budaya yang indah saat-saat sore hari. Di sekitar Sungai Siak inilah pusat Mandi Balimau di Kota Pekanbaru.

Adanya dua jembatan menambah keindahan alam di sekitar Sungai Siak. Sekitar tahun 1990an, tempat ini dijadikan tempat penjualan jagung bakar dan pisang bakar. Jagung dan pisang kepok didatangkan dari Medan. Namun, saat ini, jagung dan pisangnya berasal dari Pekanbaru.

“Jagung dan pisang kepok ┬ádari Medan masih lebih enak,” ujar seorang pedagang jagung bakar.









Leave a Reply