Bandara Malang Kembali Ditutup Akibat Abu Gunung Bromo

jebta 3JEBTA B. SITEPU. MALANG. Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang (Jawa Timur) kembali ditutup akibat dilanda kabut abu vulkanik dari erupsi Gunung Bromo [Jumat 15/7: Pkl. 11:07 WIB hingga Sabtu 16/7: Pkl. 09.00 WIB]. Akibat penutupan bandara ini, 6 penerbangan dialihkan ke Bandara Juanda Surabaya dan 2 penerbangan ditunda.

Bandara Malang memang sangat rentan terhadap abu vulkanik dari gunungapi di sekitarnya. Selain dipengaruhi oleh aktivitas Gunung Bromo, bandara Malang juga pernah ditutup saat erupsi Gunung Raung pada tahun lalu.

Kondisi aktivitas vulkanik Gunung Bromo masih relatif sama dengan sebelumnya. Tidak ada peningkatan status. Masih status Waspada (Level II).

bromo 2Berdasarkan Pos Pengamatan Gunung Bromo PVMBG [Jumat 15/7], terpantau asap kawah teramati putih, kelabu, coklat, kehitaman sedang-tebal. Tekanan lemah-kuat. Tinggi asap berkisar 200 – 1.000 meter dari puncak kawah ke arah Barat Laut – Selatan. Seismisitas tremor masih menerus dengan dominan 1 mm. Kondisi aktivitas vulkanik masih labil. Bunyi gemuruh masih sering terdengar dari puncak kawah. Hujan abu vulkanik tipis jatuh di beberapa desa di Probolinggo dan Lumajang tergantung pada arah angin.

Dengan kondisi angin yang masih dominan ke arah Barat – Barat Daya maka Bandara Malang rentan terhadap penutupan Bandara. Penutupan diambil oleh pihak otoritas Bandara mempertimbangkan keselamatan penerbangan.




Dengan kondisi Gunung Bromo masih labil maka direkomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengunjung/ wisatawan/ pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif Gunung Bromo.

“BNPB dan BPBD terus melakukan langkah-langkah antisipasi terkait dengan Gunung Bromo,” kata Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada Sora Sirulo.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.