Sirulo TV: Pengungsi Aksi Buka Baju di Kantor Bupati

1
214

Jhon RockyJOHN ROCKY. KABANJAHE. Perwakilan pengungsi Sinabung dari 4 desa (Gurukinayan, Berastepu, Gamber dan Kutatonggal) melakukan aksi buka baju di Ruangan Rapat Kantor Bupati Karo tadi siang [Selasa 19/7]. Para perwakilan pengungsi ini menuntut pencairan dana Relokasi Mandiri yang sampai sekarang belum dicairkan oleh pihak Pemkab Karo kepada pengungsi sebesar Rp. 110 juta/ KK.

Aksi buka baju yang dilakukan oleh ibu-ibu pengungsi di sela-sela rapat ini sempat membuat heboh peserta rapat dan pegawai Kantor Bupati Karo.

buka baju 3Gemuk Sitepu Sapo Durin perwakilan pengungsi dari Desa Berastepu dan Pelin Sembiring Kepala Desa Gurukinayan ketika diwawancarai oleh Sora Sirulo mengatakan, hal itu mereka lakukan sebagai buntut dari kekecewaan warga pengungsi kepada pihak BPBD Kabupaten Karo yang selalu memberikan janji-janji palsu tentang pencairan dana Relokasi Mandiri mereka.

“Pihak BPBD selalu membuat alasan yang tak masuk akal. Kami selalu diberi angin surga oleh Kepala BPBD Karo, Matius Sembiring,” ujarnya.

Pada rapat kemarin [Senin 18/7], Kepala BPBD Karo Matius Sembiring berdalih pencairan terkendala karena PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) belum menandatangani berkas pencairan dana. Hal ini membuat para pengungsi semakin panik karena ketidakjelasan pihak BPBD kapan pencairan dana tersebut (lihat video di bawah).




Seperti diketahui, pasca keluarnya Juknis Relokasi Mandiri sebulan lalu, proses penanganan pengungsi ini dinilai sangat lamban. Pengungsi semakin bingung akan nasib mereka. Menurut pantauan Sora Sirulo, suasana rapat yang dipimpin Kepala BPBD Matius Sembiring sempat heboh karena aksi beberapa ibu-ibu pengungsi yang spontan membuka baju di tengah rapat juga aksi menaiki meja yang dilakukan pengungsi. Mereka mengatakan tidak puas atas jawaban Kepala BPBD Karo atas nasib mereka.

“Kami selalu dibola-bolakan dengan alasan aturan,” kata mereka kepada Sora Sirulo.

Aksi tersebut kemudian dapat diatasi setelah Pihak BPBD Karo berjanji akan mencairkan dana tersebut Senen depan [25/7].









1 COMMENT

  1. Tidak seharusnya menunda pencairan dana kalau peraturannya memang sudah harus dicairkan. Rakyat pengungsi sudah menderita begitu lama patutnhyalah yang lain tepatnya para petugas dana bisa mengerti dan mencairkan secepat mungkin tanpa alasan penundaan. Gununt meletus juga tak bisa ditunda-tinda karena belum ada yang menandatangani.
    MUG

Leave a Reply