Kolom Herli Sitepu: PENJARA

0
143

Herli Sitepu 4

Penemu sikat gigi modern adalah orang Inggris bernama William Addis. Dia memakai tulang yang dilobangi kecil-kecil dan kemudian mengisinya dengan bulu binatang serta dilem menjadi satu. Tahukah kam saat William Addis menemukan konsep sikat gigi ia sedang mendekam di penjara?

Tubuhnya di penjara, tapi pikirannya tidak ikut terpenjara. Padahal, banyak orang yang tidak dipenjara, tetapi seringkali memenjarakan pikirannya sendiri.

Penjara bisa berupa kata-kata; mustahil, tidak mungkin, tidak bisa, tidak mau, tidak berani. Sejuta kata-kata tidak lainnya yang kerap menjadi penghalang untuk kita berkembang. Kita seringkali mengeluh, menyalahkan orang lain dan akhirnya menyerah.

Tuhan memberikan kita potensi diri untuk dikembangkan. Salah satunya adalah pikiran, kreatifitas dan ide-ide. Jangan pernah ijinkan keadaan apapun memenjarakan pikiran kita. Gunakan pikiran kita untuk menjadi berkat dan menghasilkan karya-karya terbaik dalam hidup kita. Apa yang kita pikirkan menentukan tindakan kita selanjutnya.

Tetap semangat. GBU!








Leave a Reply