Sirulo TV: Angin Kencang Getarkan Pepohonan di Taneh Karo

0
166

NggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Angin kencang menghantam jalan raya dan pemukiman di Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) yang sebagian besar masuk wilayah administrasi Kabupaten Karo. Sejumlah pohon dan billboard tumbang karenanya. Angin kencang ini juga terekam oleh alat seismik pemantau Gunung Sinabung.

Cuaca ekstrim melanda Kabupaten Karo. Saat pancaroba, cuaca kerap tidak bersahabat. Dari kemarau berubah menjadi hujan membuat terjadinya perubahan tekanan angin maupun cuaca.

Angin kencang bisa muncul mendadak. Sebagaimana terjadi kemarin dulu [Senin 18/7], terjangan angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon bertumbangan di sepanjang jalan raya lintas Medan — Berastagi (Kabupaten Karo). Kawasan yang dilanda angin kencang, seperti biasanya di musim kemarau dari tahun ke tahun, mulai dari Sibolangit (Karo Hilir) yang masuk ke wilayh administrasi Kabupaten Deliserdang hingga Penatapen (Karo Gunung) yang masuk wilayah administrasi Kabupaten Karo.




Angin kencang terlihat jelas menghantam sejumlah pohon hingga bertumbangan di tepi jalan.

Selain jalan raya, angin kencang juga melanda pemukiman penduduk di kawasan Danau Toba (Kecamatan Merek) yang masuk wilayah administrasi Kabupaten karo. Di Sipiso-piso, sejumlah pohon dan sebuah billboard tumbang dihantam angin kencang serta satu rumah rusak parah akibat tertimpa pohon. Warga setempat bergotongroyong membantu membersihkan dan memotong pohon yang tumbang.

Cuaca buruk angin kencang juga terekam alat seismik pemantau Badan Geologi PVMBG Gunung Sinabung. Petugas Pemantau Gunung Sinabung, Kristianto, menghimbau warga dan pengguna jalan untuk waspada.

“Cuaca buruk, angin kencang, badai dan hujan deras dapat datang sekonyong-konyong,” katanya.








Leave a Reply