Sinabung Erupsi

0
172

SADA ARIH 5erupsi 1SADA ARIH SINULINGGA. BERASTAGI. Pagi menjelang siang hari tadi [Kamis 21/7: Pukul 10.15 wib] terjadi letusan Gunungapi Sinabung (Dataran Tinggi Karo, Sumatera Utara). Luncuran abu terlihat menjulang tinggi menandakan erupsi ini belum berhenti sampai kini (Pukul 11.50 WIB).

Dalam pengamatan Sora Sirulo, dampak erupsi ini tidak saja kepada penduduk yang tinggal di lingkar Sinabung, tapi sampai ke sebagian besar wilayah sekitar Kecamatan-kecamatan Kabanjahe, Berastagi, Simpang Empat, Tiga Panah, dan Munte. Abu vulkanik Sinabung merusak tanaman penduduk yang pada umumnya mata pencahariannya bergantung dari hasil pertanian.

Karyawan Bangun, seorang petani warga Desa Gurusinga (Kecamatan Berastagi) saat ditemui Sora Sirulo di Gurusinga menuturkan, erupsi Sinabung ini benar-benar membuat para petani tidak bergairah lagi bertani. Sebabnya adalah karena kerap sekali menimbulkan kerugian besar bagi petani akibat gagal panen dan harga pun murah.

Pantauan Sora Sirulo siang ini, cuaca di Berastagi cerah panas menyengat. Arus lalu lintas di jalan protokol Letjen Drs. Djamin Ginting dari Medan – Berastagi – Kabanjahe lengang.








Leave a Reply