Keluarga Karo Bangun SMP Madani Gratis di Rokan Hilir

0
130

Aripin GintingARIPIN GINTING. ROKAN HILIR. Selamat pagi bu, anak ibu di mana? Lagi tidur, pak. Saat itu jam menunjukkan Pukul 10.00 pagi, di sela-sela sang ibu menyapu halaman. “Pengalaman ini yang tak terlupakan seumur hidupku,” ujar Thomas Ginting kepada Sora Sirulo dalam sebuah pertemuan beberapa hari lalu di Rokan Hilir (Riau).

Thomas dan istrinya Morina br Tarigan banyak menghadapi kasus seperti ini, bukan hanya yang satu ini saja. Dasar itulah mereka merasa terpanggil saat Thomas terpilih sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis. Saat itu Rokan Hilir masih bagian dari Kabupaten Bengkalis sebelum dimekarkan.

smp madani“Banyak kami menemukan anak-anak usia sekolah tidak bersekolah. Mereka bukan penduduk setempat melainkan banyak juga asal Sumatera Utara,” kata Thomas.

Tahun 2012, mereka memberanikan diri mendirikan sekolah SMP MADANI yang mana muridnya tanpa ada pungutan biaya mulai uang sekolah, baju seragam bahkan mereka sediakan bus sekolah. Mereka mendatangi tiap-tiap rumah menjemput anak-anak itu.

Usaha mereka tidak sia-sia. Saat ini, anak-anak sudah diantar oleh orangtuanya ke sekolah. Mereka sudah memiliki 80 siswa di SMP Madani dan sudah menamatkan siswa.

“Kami tetap prihatin terhadap siswa ini bakal tidak bersekolah lagi. Kami sudah buat sekolah SMK PARAWISATA yang sudah memiliki siswa 18 orang,” tutur Thomas.




Walaupun sekolah kami demikian yang masih membujuk siswanya untuk bersekolah, integritas siswa dan sekolah tetap kami utamakan. Kami mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan tahun 2016 tentang kejujuran dalam ujian nasional tahun ini.

SMP Madani adalah pelopor sekolah gratis. Rendahnya motivasi sekolah dari orangtua akibat ketakutan tidak mampu membayar biaya sekolah dan jangkauan sekolah yang jauh dari rumah  membuat banyak anak-anak di daerah Balam (Kabupaten Rokan Hilir) ini tidak bersekolah. Pada umunya mereka bermukim di sepanjang Jalan Lintas Sumatera.

Ketika ditanyakan dari mana biaya mendirikan sekolah ini, Thomas Ginting mengaku dari dana pribadi. Istrinya Morina br Tarigan bertindak sebagai kepala sekolah.

Kisah ini terungkap ketika Sora Sirulo mengunjungi sekolah ini beberapa hari lalu [Jumat 22/7].








Leave a Reply