Makan Bersama Pemuda Karo dengan Para Pengusaha Babi Panggang di Lubuk Pakam

1
968

jebta 2JEBTA B. SITEPU & TIM. LUBUK PAKAM. Sekitar 5 hari lalu ratusan massa dari berbagai organisasi kemasyarakat (Ormas) Islam berunjukrasa ke Kantor Bupati Deliserdang [Jumat 22/7] menuntut RM BPK (Rumah Makan Babi Panggang Karo) ditutup. Ini terkhusus dimaksudkan bagi RM BPK Tesalonika yang merupakan RM BPK terbesar di Lubuk Pakam.

Ormas tersebut mengacu pada Perbup Deli Serdang No.68 tahun 2016 tentang penataan kawasan perkotaan Kecamatan Lubuk Pakam sebagai ibukota Kabupaten Deliserdang yang mengatur Jalinsum hanya diperbolehkan untuk restoran dan atau rumah makan dengan spesifikasi halal. Selain itu, Ormas tersebut mengultimatum Pemkab Deliserdang untuk menutup RM BPK Tesalonika dalam waktu 3 x 24 jam.

bpk 14
Usai acara makan bersama. Silahkan perhatikan bunyi tulisan di spanduk, sangatmenampakkan karakter Suku Karo. Klik foto untuk ukuran lebih besar. Foto: Christian Jorena Siepu.

Namun, sejak demonstrasi itu [Jumat 22/7] sampai saat ini [Rabu 27/7] belum ada tindakan apapun dari pihak FPI dan Pemkab Deliserdang. Ultimatum pembongkaran paksa yang didengungkan FPI pun hanya bualan semata.

Di pihak lain, tim Sora Sirulo meliput acara makan siang bersama yang disajikan oleh RM BPK Tesalonika secara gratis kepada parapemuda Karo yang telah menyatakan siap mengawal RM BPK Tesalonika secara fisik maupun advokasi hukum.

Sebagaimana dilaporkan oleh anggota tim peliputan Sora Sirulo, Abdi Pranata Purba, acara makan bersama adalah atas undangan RM BPK Tesalonika dan beberapa rumah makan BPK lainnya di sekitaran Lubuk Pakam.

“Mereka menyempatkan acara makan gratis ini untuk berbagi cerita kepada para pemuda Karo yang prihatin atasnasib usaha mereka,” kata Abdi Pranata melaporkan.

Anggota liputan Sora Sirulo lainnya, Jese Abigal Tarigan, melaporkan tidak adanya anggota FPI terlihat di sudut manapun di Lubuk Pakam.




Polisi juga tidak ada. Yang katanya warga Suku Batak juga tidak ada. Hanya para pemuda Suku Karo yang tergabung di dalam Pemuda Merga Silima (PMS) yang berjaga-jaga,” kata Jese melaporkan.

Jese melanjutkan bahwa, saat ini sedang berlangsung Ramah Tamah antara para pengusaha RM BPK di Lubuk Pakam dengan organisasi Pemuda Merga Silima (PMS).

“DPP PMS pusat ada rombongan Ketua Umum Mbelin Brahmana, rombongan Ketua DPD Sumut Paham Sebayang, DPD PMS Deliserdang, seluruh pimpinan PC dan PAC PMS se Sumut serta Anggota Korem 0204/DS,” lapor Jese lagi.

PMS melalui sambutannya, baik dari Ketua Umum DPP Pusat,DPP Sumut,DPD Deli Serdang dan seluruh PC/ PAC siap mendampingi Pengusaha BPK dimana pun berada.

“Negara kita ini bukan milik ormas tertentu maupun agama tertentu, tapi melainkan, adalah milik smua rakyat Indonesia. Semua kader PMS dan seluruh warga Suku Karo siap sedia,” kata DPP PMS se Indonesia, Mbelin Brahmana.

Foto atas: Dialog antara Pemuda Merga Silima dengan parapengusaha RM BPK Lubuk Pakam.








1 COMMENT

Leave a Reply