Penanganan Kasus Korupsi Lamban, Masyarakat Anti Korupsi Sumut Serbu Kejatisu

imanuel sitepu 3IMANUEL SITEPU. MEDAN. Sekira 30an massa yang bergabung dalam LSM Gerakan Masyarakat Anti Korupsi Sumut melakukan orasi di depan Kantor Kejatisu Jl. A. H. Nasution (Medan) [Selasa 26/7].  Selaku koordinator aksi, Awaludin Harahap dalam orasinya meminta Kejatisu serius mengusut setiap pengaduan masyarakat. Kejatisu juga diminta transparan dalam penegakan supermasi hukum.

“Jika tidak terbukti, pihak Kejatisu hendaknya segera mengeluarkan surat perintah pemberhentian penyelidikan (SP3) dan sebaliknya jika sesuai penyelidikan dan penyidikan menemukan unsur tindak pidana korupsi agar pihak Kejatisu segera memprosesnya,” kata Harahap.

kejatisuLebih lanjut dikatakan Harahap, ia mencontohkan seperti tindak lanjut kasus korupsi yang telah dilaporkan masyarakat khususnya dari Kota Padangsidempuan dan Tapanuli Selatan. Bila Pihak Kejatisu transparan, tidak kan timbul kecurigaan di tengah-tengah masyarakat. Artinya, tidak ada tudingan kalau kasusnya telah dipetieskan.

Dalam orasi tersebut, LSM Gerakan Masyarakat Anti Korupsi Sumut juga mengancam akan melaporkan setiap kasus korupsi ke KPK dan Kejagung jika pihak Kejatisu terus tidak transparan membeberkan perkembangan kasus korupsi yang telah ditangani.





Humas Kejatisu Yosgernol Tarigan SH yang menerima aspirasi pengunjuk rasa berjanji akan menyampaikan permasalahan tersebut kepada pimpinan untuk ditindaklanjuti.

“Saya akan menyampaikan semua permintaan bapak kepada pimpinan,” kata Tarigan yang pernah menjadi kontributor Sora Sirulo sebelum bekerja di Kejatisu ini.

Usai mendengarkan arahan dari pihak Kejatisu [sekira 12. 15 wib], pengunjuk rasa yang mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian dari Polsek Delitua akhirnya membubarkan diri.







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.