Kabanjahe dan Lingga Tenang Pagi Ini

0
173

Ngguntur PurbaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Pasca bentrok warga Desa Lingga dengan pihak aparat Polri, kondisi Kota Kabanjahe berangsur mulai kondusif. Sebgaimana telah diberitakan kemarin, bentrok ini telah menelan korban jiwa dan puluhan warga mengalami luka-luka.

Pagi ini [Sabtu 30/7], Kota Kabanjahe terlihat tenang dan terasa sejuk. Warga Kota Kabanjahe dan warga Desa Lingga beraktivitas seperti biasa. Sementara itu suasana penjagaan ketat dari satuan Brimob Poldasu masih terlihat di Mapolres Tanah Karo yang sempat diserang warga Desa Lingga kemarin.

demo rusuh 5Akibat serangan itu, beberapa bagian kaca Kantor Polres pecah akibat dilempari warga dengan batu  saat warga hendak menuntut kepada apara kepolisian agar memulangkan rekan mereka yang sempat ditahan terkait kericuhan di tempat relokasi. Kericuhan itu juga menyebabkan satu alat berat dan pos polisi dibakar massa.

Di pihak lain, terlihat pengembang menghentikan sementara aktivitas pembersihan di tempat rencana relokasi warga pengungsi Sinabung yang berada di Desa Lingga. Terlihat juga bangkai alat berat eskapator dan tenda pos kepolisian  yang dibakar massa masih berada di lokasi kejadian.



Menurut salah seorang warga Desa Lingga, mereka menolak tegas lokasi relokasi di desa mereka.

“Ini bisa mempersulit kehidupan Desa Lingga nantinya,” katanya.

Warga berharap kepada Pemkab Karo agar dapat memberikan jalan keluar dan bersikap bijak  menentukan tempat relokasi ribuan warga pengungsi bencana erupsi Gunung Sinabung. Ini dianggap nantinya cukup merugikan warga Desa Lingga bila tempat relokasi diteruskan di desa mereka.








Leave a Reply