Kolom M.U. Ginting: KEPEMIMPINAN DUTERTE

0
34

Duterte

 

 

M.U. GintingDiperkirakan kondisi penjara bakal semakin memburuk sejak Presiden Filipina yang baru, Rodrigo Duterte, menyatakan perang terhadap Narkoba dan kriminalitas. Ia juga berjanji untuk menghukum para pengedar atau bandar narkoba,” demikian diberitakan oleh detik.com. Dugaan yang pasti ialah bahwa sikap tegas Duterte menghabisi pengedar/ pecandu Narkoba dan kriminal lainnya pastilah mengurangi orang masuk penjara.

Buktinya, sudah lebih dari 500 orang dihabiskan diantara para pengedar, pecandu, kriminal, dan mereka ini tak perlu lagi masuk penjara. Yang masih ada juga tak akan masuk penjara lagi, karena bakal jadi mayat di tengah jalan sebelum masuk penjara.

Buktinya lagi ialah sudah lebih dari 120 ribu pelaku kejahatan narkoba secara sukarela menyerahkan diri ke polisi sampai minggu lalu, yang tadinya mereka ini akan memenuhi penjara juga. Sekarang menyerah, berarti bisa kembali ke kehidupan normal, atau memilih jalan kematian tanpa penjara.



Dalam janji Duterte ketika pemilihan presiden lalu, dia akan menyelesaikan narkoba dan krimialitas selama 6 bulan kekuasaannya.

“Kalau tidak, bunuhlah saya,” kata Duterte.

Sekarang, seluruh Filipina terlihat semakin aman dari kejahatan. Duterte bukan hanya menugaskan aparat keamanan untuk membunuh penjahat, tetapi juga mendorong penduduk untuk ikut membasmi orang-orang kriminal ini, terutama pengedar dan pecandu Narkoba.

Duterte adalah orang/ presiden pertama di dunia yang bisa menyelesaikan soal kemanusiaan zaman modern Abad 21, yang tidak bisa diselesaikan oleh siapapun yang lain dari semua abad kehidupan dan kemanusiaan.








Leave a Reply