Sayuran Murah, Petani Karo Murung

0
188

Mulana TarsilMULANA TARSIL. BERASTAGI. Harga-harga komoditi sayuran di Pasar Roga Berastagi hari ini [Senin 1/8] secara umum sangat murah. Cabai merah, misalnya, hanya dengan harga Rp. 21.000/ Kg.

Adapun sayur-sayuran lainnya yang sempat disurvei oleh Sora Sirulo di Pasar Roga Berastagi adalah cabai rawit (Rp. 1.800/ Kg), tomat (Rp. 2.500/ Kg), sayur pait (Rp. 1.000/ Kg), dan sayur putih (Rp. 500/ Kg).

roga
Foto: BOY SAHPUTRA SURBAKTI

Tidak diketahui dengan pasti apa penyebab jatuhnya harga sayur-sayuran dari Dataran Tinggi Karo ini. Sebagian pedagang memperkirakan penyebabnya adalah karena para petani ingin “jual cepat” sehubungan dengan mendesaknya kebutuhan finansial di musim tahun baru ajaran anak sekolah.

“Para pelajar dan mahasiswa perlu bayar ini itu dan beli ini itu memasuki tahun ajaran baru ini. Tidak ada jalan lain bagi para orangtua yang umumnya petani selain memanen tanaman mereka dan menjualnya sesegera mungkin ke pasar,” kata seorang petani yang mengaku mengalami nasib seperti itu.

Penjelasannya mengindikasi terjadinya banjir komoditi sayur dari petani ke pasar.

“Selain itu, tahun ajaran baru ini juga yang membuat konsumen menahan selera untuk mengurangi bahan sayur mereka untuk menghemat uang keluar,” kata seorang pedagang perantara (verkoper) kepada Sora Sirulo.




Beberapa petani yang menjualkan hasil panennya ke pasar menuturkan sebuah keluhan yang sama kepada Sora Sirulo.

“Harga pupuk dan obat sudah terlalu mahal dan tidak lagi sebanding dengan hasil jual panen yang kita dapatkan. Hendaknya pemerintah berusaha menekan harga pupuk dan obat-obatan. Apalagi keadaan cuaca sekarang ini adalah kering alias kemarau. Banyak tanaman yang sudah sempat tumbuh tiba-tiba mati karena kekeringan,” papar seorang ibu petani dari Desa Bukit.

Ibu itu mencontohkan tanaman cabainya yang sempat mati kekeringan sebagian dan dia segera menyisipnya dengan bibit baru.




Leave a Reply