Lomba Drum Band Tingkat SD – SMP Se Kabupaten Karo

0
268

Oleh: Nancy M. Brahmana (Kabanjahe)

Nancy 1Dimulai keresahan di dalam hati saya semenjak 4 tahun, dimana saya sangat terpana, kagum dan haru melihat parade drum band anak-anak kecil yang pada waktu itu adalah suasana menyambut hari Natal di Kabanjahe.  Ternyata parade diadakan lagi setiap Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus.  Suasana Kabanjahe dan Berastagi ramai serta macat karena hampir semua sekolah mengikuti pawai drum band.  Tidak hanya itu, pada hari-hari tertentu keagamaanpun ternyata ada pawai dari beberapa sekolah.  Kabupaten Karo memang luar biasa.

Terdorong karena kagum dan resah dalam hati, saya mencoba membuat sebuah tim drum band yang bernama Tim Drum Band Kabupaten Karo.  Saya dan beberapa teman mencoba menyusun kepanitiaan setahun yang lalu.  Namun, ada saja kendala untuk membuat sesuatu yang baru.

Awal tahun yang telah kita lewati, saya dan bapak Robert Perangin-angin beraudiensi ke Bupati Karo di rumah dinas untuk menyampaikan aspirasi mengenai drum band drum bandKaro.  Bupati Karo menyambut baik gagasan ini dengan menyampaikan agar ada satu gebrakan untuk dapat dilihat dan dinilai keseriusan untuk membuat suatu Tim Drum Band.  Dengan sigap dan cekatan, Kadis Dispora Bpk. Robert Perangin-angin beserta tim memulai mencanangkan akan adanya suatu perlombaan Drum Band tingkat SD dan SMP  dengan Ketua Pelaksana adalah Kabid Pemuda, Bpk. Bahtera Sembiring.

Tanggal 8 Agustus 2016 pada hari Senin, Lomba Drum Band Tingkat SD dimulai, dengan  17 peserta.  Semua anggota tim dari 17 sekolah terlihat semangat dan antusias, bahkan sampai yang mendapat nomor terakhir tetap semangat dan berpenampilan sangat baik. Tanggal 9 Agustus 2016 pada hari Selasa, Lomba Drum Band Tingkat SMP dengan 12 peserta yang sangat membanggakan.

drum band 2
Acara pembukaan Lomba Drum Band Tingkat SD – SMP Kabupaten Karo. Dipimpin oleh Kadis DISPORA, Bpk. Robert Perangin-angin, dihadiri oleh Camat Kabanjahe Bpk. Gelora Fajar Purba dan Kabid Pemuda Bpk. Bahtera Sembiring, bersama para juri.

Juri sebanyak lima (5) orang memberikan penilaian yang sangat ketat dan berimbang tidak memihak sekolah manapun.  Tiga juri berasal dari Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Provinsi Sumut.  Dua juri berasal dari Karo yaitu Paulus Ginting dan saya sendiri (Nancy M. Brahmana).

Berikut adalah juara Lomba Drum Band Tingkat SD – SMP se Kabupaten Karo :

Tingkat SD, juara pertama (1) : SD Xaverius Kabanjahe,  Juara  ke dua (2) SD Methodist Kabanjahe, Juara ke tiga (3) SD St. Joseph, Kabanjahe.

Tingkat SMP, Juara pertama (1) : SMP Al Wasliyah 42, Berastagi, Juara ke dua (2) SMP Muhammadiyah 43, Kabanjahe, Juara ke tiga (3) SMP Santa Maria Kabanjahe.




Penyerahan hadiah diberikan pada tanggal 17 Agustus oleh Bupati Karo.

Kiranya gebrakan awal ini menjadi semangat baru untuk membuat Tim Drum Band Kabupaten Karo. Diharapkan dengan adanya tim ini akan menjadi kegunaan di berbagai bidang, terutama mendidik kedisiplinan dan mentalitas anggota. Selanjutnya, ini akan menjadi pembinaan kepada pemuda untuk mengurangi perilaku negatif yang semakin marak akhir-akhir ini.

Dengan adanya Tim Drum Band Kabupaten Karo diharapkan dapat meningkatkan agenda wisata dengan pertunjukan pada saat kegiatan-kegiatan Wisata Karo, juga Tim Drum Band dapat dipersiapkan untuk menyambut tamu-tamu kenegaraan yang berkunjung ke Kabupaten Karo.  Demikianlah berita singkat ini dituliskan agar dapat menjadi semangat dan masukan bagi kita semua.

Salam mejuah-juah man banta kerina.




Leave a Reply