Kolom M.U. Ginting: UANG

0
105

uang

M.U. GINTING 3Kelihatannya dari komposisi ini bisa menghasilkan resultat yang diharapkan masyarakat Indonesia. Tetapi mengharapkan seperti hasil tindakan tegas yang dibikin Duterte di Filipina . . .  masih jauh.

Kemungkinan hasil akhir ialah ’netral saja’ artinya pejabat selamat dan LSM selamat. Perang cicak sudah tak ada yang berani menghidupkannya, sudah melewati kesedaran publik yang ada di tingkat sekarng. Dengan hasil yang ’netral saja’ maka ’thesis’ baru dan perkara baru dimulai lagi atau nanti diteruskan dalam nafas baru.

Pengaruh duit bukan main bagi jiwa manusia sejak manusia mulai buka mata soal kepemilikan pribadi. Bagi siapa saja, terutama yang punya jabatan atau kekuasaan. Kalau dibikin dalam perbandingan maka hanya bisa 1 diantara 100 akan memihak yang ’tidak mengutamakan duit’. Contohnya presiden Uruguay dan presiden Filipina itu. 

Tetapi dunia bergolak terus dan berubah terus. Angka satu (1) itu dalam perubahan. Lihatlah Trump yang sudah berani mengatakan bahwa Obama berada di belakang teroris ISIS. Dunia bergolak dan berubah! Dalam nada yang setingkat hampir 90  tahun lalu kata Roosevelt soal pemerintahan AS:

“The real truth of the matter is, as you and I know, that a financial element in the large centers has owned the government of the United States since the days of Andrew Jackson. 

Andrew Jackson adalah presiden AS ke 7 (1829-1837). Jadi penguasa sesungguhnya di AS ialah ‘financial element large centers’ itu, sampai sekarang. 




Sampai di sini pastilah Trump belum membacanya apalagi meyakininya. Karena itu tingkat perubahan kesedaran dan pengetahuan selanjutnya ialah ke tingkat pemikiran Roosevelt ini, termasuk bagi tim investigasi peredaran duit jaringan Fredi Budiman. Narkoba, Korupsi, Terorisme, adalah 3 serangkai senjata utama global hegemony Greed And Power menuju Kekuasaan Baru Dunia.

”Dunia sedang berperang,” kata Paus Fransiskus ketika berkunjung ke Poland permulaan Agustus.

“Ketika di tengah masyarakat uang adalah Tuhan, bukan orangnya, pria dan wanita serta keluarga,” katanya.




Leave a Reply