Kolom Telah Purba: Go to hell with your HAM

1
97

Telah PurbaRodrigo Duterte adalah seorang Presiden Filipina yang akhir-akhir ini mencuri perhatian Dunia. Duterter dikenal lebih luas sejak dia menyatakan ‘persetan’ dengan Hak Azasi Manusia (HAM). Dalam artian, dia tidak mau peduli dengan HAM milik para pengedar narkoba. Tapi sebaliknya, Duterte sangat perduli dengan HAM milik masyarakat banyak.

Oleh karena itu, sang Presiden ini tanpa ragu memerintahkan polisi Filipina tembak mati di tempat para pengedar narkoba di negaranya. Sampai saat ini, tercatat sudah 400 orang meregang nyawa diterjang timah panas oleh para polisi pemburu pengedar narkoba dan ini sudah diumumkan secara resmi oleh pemerintahan Filipina.

Namun, yang lebih mengerikan adalah milisi tidak dikenal. Di Indonesia semacam ham 2Petrus atau penembak misterius di zaman Soeharto. Milisi tidak dikenal ini juga sudah berhasil menamatkan riwayat pengedar narkoba di Filipina sekitar 400 orang, yang anehnya tidak salah pilih atau salah tembak. Semua yang dicabut nyawanya oleh timah panas sang pengadil misterius ini adalah pengedar narkoba.

Melihat kejadian ini tak ayal lagi, Filipina berguncang hebat. Pera pengedar dan pemakai narkoba jadi ciut nyalinya karena takut dieksekusi oleh penembak resmi yakni polisi dan juga oleh penembak misterius alias Milisi Tidak Dikenal.

Akhir-akhir ini, sangat banyak warga dan pejabat saking takutnya secara beramai-ramai melaporkan diri sebagai pemakai narkoba dan meminta perlindungan kepada polisi karena takut didorr. Berduyun-duyun mereka mendaftar setiap hari, menjelaskan dari mana dan dari siapa mereka memperoleh narkoba.




Oleh karena itu, semakin mudahlah polisi menghabiskan para pengedar narkoba tersebut. Menelisik dan mempelajari teknik Presiden Duterte ini, ingin rasanya hal ini dibuat juga di Indonesia oleh Presiden Joko Widodo. Pilot projectnya mungkin bisa dibuat di Tanah Karo, hitung-hitung agar mengurangi jumlah peredaran narkoba dan juga menyelamatkan generasi muda kita.

Praktek Presiden Duterte ini saya yakini sangat ampuh sekali dan pasti berhasil.




1 COMMENT

  1. Ayo bupati Karo, bikin trobosan seperti di Filipina, habiskan gembong dan pengedar/pecandu karena Karo sudah kelewatan dalam soal ini.

    MUG

Leave a Reply