Penguburan secara Hindu di Gunung Merlawan

0
247

 

Hindu 1

 

SADA ARIH 5SADA ARIH SINULINGGA. KUTALIMBARU. Hari ini [Jumat 12/8] di Dusun Gunung Merlawan, Desa Namomirik (Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang) berlangsung acara penguburan Pa Tangkai Ketaren (80 tahun). Dia adalah seoang dari Suku Karo yang merupakan warga Dusun Gunung Merlawan. Beliau ini dikenal sekeluarga sebagai penganut agama Hindu yang tetap konsisten mempertahankan agamanya sampai akhir hayatnya, meskipun warga lainnya sudah lebih banyak beragama Kristen dan Islam.

Hindu 2Salah seorang putranya sempat menimba ilmu agama Hindu di Bali sampai sarjana. Putranya ini bernama Jinis Ketaren. Saat ini Jini bekerja sebagai pegawai negeri sipil di Kemenag Kabupaten Karo.

Di Desa Namomirik memang terdapat bangunan kuil Hindu dan keluarga Pa Tangkai Ketaren merupakan salah satu pemeluk Hindu bersama yang lainnya di sekitar Desa ini. Memang, semakin hari semakin berkurang jumlah pemeluk agama ini. Karena langkanya maka acara ritual penguburan secara Hindu terhadap jenazah Pa Tangkai Ketaren menjadi perhatian yang menarik bagi banyak orang.

Hindu 3Ritual penguburan ini dipimpin oleh seorang Pandita Hindu Pak Mangku yang berasal dari Bali (foto pakaian putih) bersama beberapa pemuka dan anggotanya yang beragama Hindu yang datang dari Medan dan yang sekitar kampung Gunung Merlawan .








Leave a Reply