Sinabung Erupsi 3 Kali Hari Ini: Tinggalkan Zona Merah!

0
37

NggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Gunungapi Sinabung sejak pagi hingga siang tadi [Selasa 16/8] kembali mengalami erupsi. Pos PVMBG Pemantauan Gunungapi Sinabung mengamati erupsi terjadi kurang lebih 3 kali dengan kolom semburan debu tertinggi mencapai 2.000 meter, dihembus angin masih ke arah Timur.

Hingga siang ini, debu vulkanik masih kerap disemburkan dari kawah gunung teraktif di Pulau Sumatera ini dengan kolom semburan debu memiliki ketinggian yang bervariasi. Pos PVMBG Pemantauan Gunungapi Sinabung mengamati masih tingginya tingkat kegempaan pada gunung api ini serta masih terus berlangsungnya suplay magma ke kawah Sinabung. Ini membuatnya masih berpotensi mengalami erupsi saat ini.




Menurut data Pos PVMBG Pemantauan Gunungapi Sinabung, erupsi terjadi sepanjang hari Selasa pagi hingga Selasa siang tadi.

“Mencapai 3 kali erupsi dengan kolom semburan debu vulkanik mencapai 700 – 2.000 meter yang dibawa oleh angin ke arah Timur,” kata M. Nurul Ansori, petugas Pos Pemantauan Gunungapi Sinabung kepada Sora Sirulo.

Sementara itu, teramati tingginya kegempaan hybrid, kegempaan lf dan kegempaan tremor. Ini masih menujukan adanya potensi erupsi. Warga dihimbau agar menjauhi Zona Merah Sinabung karena Sinabung masih rawan mengalami erupsi dalam waktu yang tidak bisa dipastikan.




Leave a Reply