Kabanjahe Lautan Manusia

0
239

Ngguntur Purbakabanjahe 1NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Sudah diramalkan sebelumnya, setiap hari Perayaan Kemerdekaan RI 17 Agustus, ibu kota Kabupaten Karo ini akan menjadi lautan manusia. Seluruh jalan di Kota Kabanjahe dipadati oleh manusia.

Mereka datang dari berbagai kampung di Dataran Tinggi Karo. Ada juga yang datang dari Kabupaten Simalungun, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Aceh Tenggara. Bahkan, banyak sekali yang datang dari Medan terutama para mahasiswa.

Mereka umumnya datang untuk melihat pawai Hari Kemerdekaan RI dan, jangan pikir ini hanya sebagai tambahan, banyak yang datang khusus untuk kiloak. Kiloak kabanjahe 2adalah bahasa Karo yang artinya berbelanja [pakaian] bekas (loak).

Menurut pantauan Sora Sirulo, pakaian bekas atau loak dijual murah meriah hari ini. Untuk Rp. 10 ribu kam bisa mendapat 3 potong pakaian. Tak terhingga banyaknya pedagang pakaian bekas/ loak. Mereka datang dari Medan, Pematang Siantar, bahkan dari Tanjungbalai dan dari Kabuten Karo sendiri tentunya. Ada ratusan atau mungkian seribuan jumlahnya pedagasng loak ini di Kabanjahe hari ini.




Leave a Reply